Festival Bahasa

Hai, Sobat Pio! Setelah sekian banyaknya acara yang diselenggarakan di SMKN 2 KEDIRI, hal tersebut tentunya membawa pengaruh atau manfaat yang baik bagi warga SMKN 2 KEDIRI. Nah, Pada kesempatan kali ini tepatnya pada tanggal 28 Februari 2023 di SMKN 2 KEDIRI telah diadakan kegiatan festival bahasa. Pada kegiatan festival bahasa ini memiliki sebuah tema yaitu LENTERA (Lestarekake Lan Tresnani Basa). Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengembangkan bakat dan kreativitas siswa-siswi tentang tata cara berbahasa yang baik dan benar.
Pada festival bahasa kali ini memiliki berbagai cabang perlombaan yang bisa dikuti oleh perwakilan dari kelas 10 dan 11 diantaranya lomba presenter, maca geguritan, dan cipta baca puisi. Setiap cabang lomba juga dibagi, yaitu lomba presenter untuk kelas 11, maca geguritan untuk kelas 10, dan cipta baca puisi untuk kelas 11 dan 10. Sementara itu, juri pada acara ini adalah guru-guru dari SMKN 2 KEDIRI yang terdiri dari guru Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, dan Bahasa Indonesia. Banyak sekali karya-karya luar biasa yang ditunjukkan oleh para peserta dengan minat mereka yang sangat tinggi dalam hal berbahasa, misalnya seperti salah satu peserta kelas 10 yang mengikuti lomba cipta baca puisi dengan mengangkat tema “Bumi Pertiwi”. Dari tema tersebut ia dapat membuat puisi yang menarik untuk bisa ditampilkan. Walaupun tidak mendapatkan juara, namun disisi lain ia tidak pernah patah semangat. Pemilihan tema yang acak menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta karena dapat memacu otak untuk berpikir luas dan cepat. Dan pada akhirnya didapatkanlah para pemenang dari setiap cabang lomba yang menjadi juara diacara festival bahasa tahun ini. Masing-masing perlombaan dari lomba presenter, maca geguritan, dan cipta baca puisi diambil 3 pemenang lomba.
Kegiatan ini merupakan program unggulan yang rencananya akan dilanjutkan pada tahun berikutnya dan semoga dengan diadakannya acara ini siswa-siswi SMKN 2 KEDIRI menjadi lebih kreatif dan inovatif. Jangan pernah menyerah dan teruslah berkarya “never give up on failure and keep working“. (RED_GST&FHA)

Narasumber: Normadhewi Sasinka Putri (Panitia)
Bima Surya Mada (Peserta X- BPF 1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *