Hai, Sobat Pio! Di masa sekarang ini kehidupan manusia semakin maju yang dipengaruhi langsung oleh perkembangan ilmu pengetahuan teknologi. Pengaruh Ilmu pengetahuan teknologi menyebabkan segala kebutuhan manusia terpenuhi. Banyak orang yang menerapkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan teknologi dalam kehidupan sehari-hari, tetapi banyak juga di antara mereka yang belum memahami pengertian dari ilmu pengetahuan teknologi itu sendiri.

Pengertian Ilmu pengetahuan teknologi terdapat beberapa perbedaan tertentu. Ilmu adalah sumber dari pengetahuan yang dapat dipraktekkan dan diuji untuk melakukan suatu hal. Sedangkan pengetahuan adalah luasnya wawasan seseorang yang didapatkan dari berbagai sumber yang berbeda dan dapat membantu perkembangan pola pikir seseorang. Lalu teknologi adalah hasil dari ilmu pengetahuan yang telah dikembangkan oleh manusia. Perkembangan Ilmu pengetahuan teknologi semakin maju terutama di bidang sains, komunikasi, dan permesinan. Pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menghasilkan berbagai teknologi canggih.

Kecanggihan teknologi menghasilkan berbagai manfaat bagi manusia. Berikut adalah beberapa manfaat serta contoh penerapan ilmu pengetahuan teknologi:

1. Kehidupan manusia menjadi lebih praktis

Ilmu pengetahuan teknologi membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Tidak perlu membuang-buang waktu untuk mengerjakan sesuatu. Kita dapat memesan jasa atau membeli sesuatu tanpa memikirkan jarak tempuh. Selain itu kita juga dapat menghemat waktu, menghemat biaya, dan menghemat tenaga. Misalnya seperti memanfaatkan media sosial untuk membeli sesuatu dengan mudah, atau juga dapat memanfaatkan mesin cuci untuk membantu pekerjaan rumah tangga dan tidak perlu lagi memanfaatkan bantuan jasa dari orang lain.

2. Menghasilkan keuntungan

Sekarang dengan adanya berbagai mesin yang canggih memberikan banyak manfaat salah satunya dapat dijadikan sebagai sumber peluang usaha. Misalnya bisa membuka usaha dengan memanfaatkan mesin pendingin dan blender untuk berjualan es, atau juga bisa membuka jasa foto copy.

3. Memudahkan berkomunikasi tanpa batas

Kemajuan ilmu pengetahuan teknologi paling berpengaruh terhadap berkembang teknologi di bidang informasi dan komunikasi. Dengan adanya perkembangan di bidang ini, kita tidak lagi memasalahkan jarak dan waktu untuk berkomunikasi dengan seseorang. Kita menjadi lebih bebas berkomunikasi. Misalnya seperti kita dapat berbicara dengan seseorang yang berbeda wilayah dengan menggunakan handphone.

Itu tadi beberapa manfaat dan contoh penerapan ilmu pengetahuan teknologi yang mungkin tanpa kita sadari sudah melakukannya. Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan teknologi ini sangat membantu manusia untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dengan ringan. (RED_ASP)

Sumber: https://www.selamatpagi.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *