Hai, Sobat Pio! Kalian tahu nggak sih kalau hari Jumat sering kali dinilai masyarakat sebagai hari yang penuh keberkahan dan juga kebaikan. Maka dari itu, banyak umat beragama islam yang sering kali melakukan beberapa kebaikan di hari Jumat, bukan karena hari lain dianggap tidak baik, akan tetapi jika melakukan amalan saat hari Jumat maka pahala yang kita dapatkan akan lebih besar dari hari hari biasanya. Banyak hadis dan juga para ulama menyampaikan kebaikan melakukan amalan pada saat hari Jumat. beberapa amalan tersebut sebagai berikut

  1. Bersedekah

Bersedekah merupakan salah satu cara termudah untuk seorang muslim mendapatkan rezeki yang berlimpah dari Allah SWT. Sedekah memang bisa dilakukan kapan saja, namun sedekah di hari Jumat akan lebih istimewa karena tingkat pahala akan dilipat gandakan. Ibnu Qayyim menjelaskan bahwa sedekah di hari Jumat dan sedekah di hari lainnya sama seperti sedekah di bulan Ramadan dengan bulan-bulan lainnya. Hal tersebut berarti, pahala yang didapatkan akan lebih besar apalagi jika memberikan sedekah ke anak yatim piatu dan fakir miskin tentu pahalanya akan lebih besar lagi.

  1.  Mendengarkan Khotbah dengansaksama

Dalam surat Al-A’raf  ayat 204, Allah SWT menegaskan agar jamaah bersikap tenang ketika khotbah dikumandangkan. Berikut rincian ayat Al-A’raf 204:

وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

“Dan apabila dibacakan khutbah, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.” (QS. Al-A’raf: 204).

Nabi Muhammad SAW juga dengan tegas telah memperingatkan agar semua jamaah diam ketika mendengarkan khotbah, hal ini dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad, Al Bazzar, dan At Tabrani:

عن ابن عباس رضي الله عنهما قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من تكلم يوم الجمعة والإمام يخطب فهو كمثل الحمار يحمل أسفارا والذي يقول له أنصت ليس له جمعة . رواه أحمد والبزار والطبراني

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa berbicara pada hari Jumat, sedangkan imam sedang berkhutbah, maka dia bagaikan Keledai yang sedang membawa kitab (orang yang bodoh). Sedangkan orang yang menyuruh diam kepada orang yang berbicara, ia tidak mendapatkan keutamaan Jumat seutuhnya”. (HR. Ahmad, Al Bazzar, dan At Tabrani). (RED_SNM)

Sumber : https://yatimandiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *