Hai, Sobat Pio! Kalian tau nggak sih punya rambut hitam panjang berkilau merupakan anugerah bagi banyak orang Indonesia, baik itu laki-laki maupun perempuan. Tapi jangan terkecoh, meski rambut hitam tebal berkilau orang Indonesia umumnya didapat secara cuma-cuma, kamu tetap harus melakukan perawatan khusus agar rambut tidak cepat rusak. Berikut empat cara mudah untuk merawat rambut panjang agar tetap sehat dan berkilau.

1. Potong Ujung Rambut

Rambut panjang cenderung memiliki ujung rambut kering, kasar, dan rusak, yang akan membuat rambut mudah mengalami kerontokan. Rambut bercabang sendiri muncul karena efek panas serta kerusakan penataan rambut, hingga menyebabkan rambut mudah patah dan rapuh. Untuk menjaga agar rambut tetap kuat dan sehat, pastikan kamu rajin memotong ujung rambut yang bercabang ya!

2. Keramas dengan Air Dingin

Air dingin dianggap sebagai suhu ideal untuk mencuci rambut. Mencuci rambut dengan air dingin akan membantu menjaga rambut tetap lembap dan menjaga kulit kepala tetap terhidrasi.

3. Tidak Keramas Setiap Hari

Keramas atau mencuci rambut setiap hari akan menghilangkan minyak alami pada kulit kepala dan membuat rambut menjadi kering. Minyak alami ini merupakan alasan utama rambut terhidrasi dan sehat. Tapi jika secara terpaksa kamu harus keramas setiap hari, maka baiknya gunakan produk sampo alami yang cocok dengan jenis rambut. Lalu, jika akar rambutmu cenderung berminyak, coba sisir rambut setiap hari sebelum tidur. Aktivitas itu akan membantu minyak untuk didistribusikan di setiap helai rambut dan membantu membuat rambut tetap lembap dan mencegah penumpukan minyak yang tidak diinginkan.

4. Gunakan Gel Lidah Buaya

Gel aloe vera atau lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk rambut, seperti mempromosikan pertumbuhan rambut dengan cara merangsang aliran darah. Setelah selesai keramas, oleskan gel lidah buaya pada rambut dan biarkan selama satu menit atau lebih kemudian bilas lagi. Agar hasil lebih sempurna, oles pangkal rambut dengan cairan cuka apel dengan komposisi air 2:1.

Nah itu tadi Sobat Pio, cara merawat rambut agar terlihat lebih berkilau, sekian artikel hari ini, sampai jumpa di edisi selanjutnya. (RED_AMA)

Sumber : https://amp.suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *