Hai, Sobat Pio! Apakah kalian tau apa itu kue pancong? Kue pancong merupakan salah satu kue atau camilan tradisional khas Betawi. Dibuat dari santan, tepung beras, kelapa, dan garam. Kue ini memiliki cita rasa yang sangat gurih dan asin. Gurih-gurih asin dari santan, apalagi ditambah potongan kelapa, dan taburan gula pasir di atasnya benar-benar menggoda. Kue Pancong memiliki bentuk yang hampir sama dengan kue pukis, tapi rasanya sangat berbeda.

Banyak yang menyebutkan asal muasal kue pancong, ada yang menyebut kata “pancong” adalah bahasa asli Betawi. Ada juga yang menyebut bahwa kata “pancong” adalah singkatan dari “pantatnya dicongkel”. Tetapi bisa jadi, sebab dalam proses pembuatannya pedagang akan menggunakan tongkat besi berbentuk kail untuk mencongkel dan mengangkat kue yang sudah matang.

Walaupun Kue ini tidak memakai pemanis, tetap menjadi idola masyarakat umum terutama masyarakat Betawi, karena panganan yang satu ini berasal dari daerah sana. Rasa kue pancong benar-benar membuat ketagihan. Paling pas menikmatinya saat hangat-hangat baru matang. Kulit luarnya yang crispy tapi lembut dan agak creamy di dalamnya membuat kue pancong tidak bisa dilupakan rasanya. Kue pancong sudah banyak dikreasikan menjadi camilan modern. Sehingga ada beberapa orang yang memasak kue pancong dengan topping coklat, oreo, dan keju, seperti kue pukis. Kue pancong dapat kalian temukan di pasar yang menjual makanan camilan. Tetapi sebenarnya kalian bisa membuat kue yang gurih ini di rumah.

Bahan kue pancong yaitu, tepung beras 250 gram, garam satu sendok makan, kelapa parut muda 250 gram, santan kelapa 600 ml, keju satu lembar (diiris-iris). Cara membuatnya, pertama campurkan tepung beras, garam, dan kelapa parut. Campurkan sampai benar benar rata dan biarkan dahulu. Kemudian didihkan santan kelapa, setelah mendidih masukan ke dalam adonan diatas aduk atau uleni sampai tercampur rata. Setelah itu panaskan cetakan kue pancong, tambahkan margarin agar rasa kue pancong lebih gurih dan lezat. Lalu tuang adonan ke atas cetakan yang telah dipanaskan. Tunggu sampai kue pancong matang. Kue pancong yang matang matang akan berwarna kecoklatan. Tambahkan juga coklat atau keju sesuai dengan selera. Selamat Mencoba. (RED_GDS)

Sumber: https://m.fimela.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *