Hai, Sobat Pio! Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan permainan Jailangkung. Jailangkung atau jelangkung adalah sebuah permainan tradisional nusantara yang bersifat ritual supranatural. Permainan ini umumnya dilakukan sebagai ritual untuk memanggil entitas supranatural. Media yang digunakan untuk menampung makhluk halus atau  supranatural yang dipanggil dalam permainan Jailangkung adalah sebuah gayung air yang umumnya terbuat dari tempurung kelapa yang didandani pakaian dan bergagang batang kayu.

         Biasanya permainan Jailangkung ini dilakukan oleh tiga orang, yaitu dua orang yang memegang boneka jelangkung, dan pawang yang membaca mantra. Permainan ini kebanyakan dilakukan di tempat yang diyakini angker dan biasanya diwaktu senja. Sandekala sendiri adalah sosok yang diyakini sebagai makhluk halus yang datang saat pergantian sore dan malam untuk mengganggu anak kecil yang masih bermain di luar rumah.

         Penulis film Kimo Stamboel dan Rinaldy Puspoyo kemudian membuat sebuah kisah yang terinspirasi dari permainan ini. Diceritakan, Adrian (Dwi Sasono) dan istrinya Sandra (Titi Kamal), beserta kedua anak mereka, yaitu Nicky (Syifa Hadju) dan Kinan (Muzakki Ramdhan), sedang berlibur ke luar kota. Ketika berada di sebuah danau yang menjadi destinasi wisata mereka, Kinan secara misterius menghilang tanpa jejak pada saat matahari terbenam. Keluarga kecil tersebut panik mencari-cari Kinan di daerah yang sangat asing untuk mereka. Mereka justru menemukan sebuah boneka jailangkung ditengah-tengah pencarian yang menegangkan.

         Film yang disutradarai langsung oleh Kimo Stamboel ini merupakan lanjutan kisah dari film sebelumnya, yaitu Jailangkung 1 (2017) dan Jailangkung 2 (2018). Pada hari keempat penayangan, film ini telah menjual lebih dari 450.000 tiket semenjak tayang perdananya pada tanggal 22 September 2022. Film ini juga berhasil meraih penghargaan sebagai film bioskop terbaik dalam Festival Film Wartawan Indonesia 2022.

         Nah Sobat Pio, itu tadi sedikit cuplikan dari film Jailangkung Sandekala. Buat Sobat Pio semua yang ingin menonton film ini, kalian bisa menontonnya langsung melalui beberapa aplikasi atau situs resmi yang tersedia. (RED_ASF)

Sumber: https://www.tribunnewswiki.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *