Hai, Sobat Pio! Bagaimana kabar kalian di tengah pandemi ini? Semoga kalian semua baik-baik saja dan semoga pandemi ini cepat berlalu. Sobat Pio mungkin pernah mendengar beberapa hal yang menjadi larangan saat haid. Haid atau menstruasi adalah terjadinya pendarahan pada uterus yang mengalir dari rahim dan keluar melalui vagina secara periodik. Menstruasi dalam siklus 28 hari sekali, yang lamanya sekitar 4 sampai 6 hari. Kondisi ini memang normal terjadi pada wanita, karena naik turunnya hormon pada tubuh wanita. Pada saat mengalami haid atau menstruasi biasanya kebanyakan wanita akan mengalami mood swing, rasa nyeri di sekujur tubuh, nafsu makan yang menggila, dan pusing. Agar tidak menuruti perubahan hormon tersebut wanita harus belajar untuk mengontrol dirinya.

Tentunya Sobat Pio juga perlu mengetahui larangan saat haid menurut Islam dan medis, khususnya bagi para wanita. Adakah yang tau apa saja itu? Larangan haid menurut Islam, yaitu:

1.Salat
Larangan pertama saat haid menurut Islam adalah tidak boleh melaksanakan salat saat menstruasi.

2.Membaca Al-Quran
Larangan kedua saat menstruasi yaitu tidak boleh membaca Al-quran ketika menstruasi.

3.Menunda tawaf
Larangan ketika haid bagi wanita adalah menunda tawaf, dikarenakan sedang dalam keadaan tidak suci dan dilarang beribadah untuk sementara waktu. Menurut Islam tidak melaksanakan tawaf ini diperbolehkan untuk wanita haid.

4.Berpuasa
Larangan selanjutnya yang tidak diperbolehkan adalah puasa, berpuasa tidak diperbolehkan bagi wanita yang sedang haid.

5.Berhubungan suami istri
Saat wanita sedang haid atau menstruasi diharamkan untuk berhubungan suami istri.

Setelah mengetahui larangan saat haid menurut Islam, Sobat Pio juga perlu mengetahui tentang larangan haid menurut medis. Berikut beberapa larangan menurut, yaitu:

1.Mengonsumsi alkohol
Mengonsumsi alkohol dilarang, karena dapat memperburuk gejala menstruasi.

2.Malas mengganti pembalut
Berikutnya larangan saat haid yaitu malas mengganti pembalut, karena dapat menyebabkan infeksi dan ruam pada daerah kemaluan.

3.Makanan mengandung garam
Makan beberapa makanan seperti kentang goreng, camilan asin, dan makanan yang mengandung garam justru harus dikurangi pada saat menstruasi, karena asin dapat memperparah kram saat menstruasi.

4.Jangan kerja terlalu keras.
Ketika menstruasi sebaiknya tidak bekerja terlalu keras, karena kerja terlalu keras dapat memperparah rasa nyeri.

Jadi, itu tadi beberapa larangan yang perlu Sobat Pio ketahui. Semoga penjelasan tadi dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan Sobat Pio. Jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan agar tidak mudah terkena penyakit apalagi dalam masa pandemi saat ini. (RED_SEL)

Sumber : https://www.orami.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *