Hai, Sobat Pio! Tahukah kalian? Seni patung di Indonesia sudah berkembang pesat sejak lama di berbagai daerah. Patung merupakan benda tiga dimensi yang memiliki tinggi, panjang, dan lebar. Terdapat beragam jenis seni patung, salah satunya seni patung konstruksi. Seni patung konstruksi adalah seni membuat patung dengan cara menyusun bahan, baik dengan kerangka atau tanpa kerangka.

Seni patung konstruksi umumnya menggunakan teknik menyusun. Menyusun yaitu teknik membentuk dengan menggunakan bahan berupa aneka bahan alam, bahan buatan, bahan limbah, dan lainnya. Contohnya bahan yang berbentuk balok, lembaran, bahan jadi, bahan setengah jadi, serta potongan bahan limbah. Dari bahan-bahan tersebut, proses pembuatan dilakukan dengan menyusun atau mengkonstruksi dan memanipulasi bahan yang dipilih menjadi kreasi bentuk patung. Misalnya model publik figur, robot-robotan, kendaraan, abstrak, hewan, dan masih banyak lainnya. Patung konstruksi yang dibuat dari bagian-bagian bahan dapat digabungkan dengan cara dilem, dipaku, dilas, dan lain sebagainya sesuai jenis dan bahan yang digunakan.
Berikut contoh patung konstruksi bersejarah, di antaranya:

1. Monumen B.J. Habibie
Dibangun oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo pada tahun 2018 untuk menghargai jasa-jasa Presiden Republik Indonesia ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie. Monumen ini menjadi bentuk apresiasi tertinggi masyarakat Gorontalo di bidang Kedirgantaraan kepada salah satu putra terbaik bangsa yang berasal dari Gorontalo.

2. Patung Garuda Wisnu Kencana
Patung ini berdiri menjulang di dalam kompleks Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana dan merupakan karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Monumen ini dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi ikon bagi pariwisata Bali dan Indonesia. Patung tersebut berwujud Dewa Wisnu yang dalam agama Hindu adalah Dewa Pemelihara (Sthiti), mengendarai burung Garuda. Tokoh Garuda dapat dilihat di kisah Garuda & Kerajaannya yang berkisah mengenai rasa bakti dan pengorbanan burung Garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan yang akhirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu.

3. Patung Liberty
Suatu patung berukuran raksasa yang terletak di Pulau Liberty, di muara Sungai Hudson di New York Harbor, Amerika Serikat. Patung ini dihadiahkan Perancis untuk Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan merupakan suatu simbol selamat datang untuk pengunjung, imigran, dan orang Amerika yang kembali.

Nah Sobat Pio, itu tadi sedikit penjelasan tentang Seni Patung Konstruksi. Sekian artikel hari ini semoga bermanfaat, sampai jumpa di edisi selanjutnya. (RED_IRA)

Sumber : https://www.kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *