Hai, Sobat Pio! Pernahkah kalian mencoba Chicken katsu? Makanan asal Jepang yang terasa crunchy di luar, namun lembut di dalam? Bagi kalian yang suka travelling, bahkan hingga taraf internasional, menyebabkan lidah kalian mudah beradaptasi dengan berbagai kuliner negara-negara asing. Tiap negara pasti memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri. Jepang juga memiliki ciri khas tersendiri dalam dunia kuliner. Sebut saja Katsu, hidangan ini amat populer di sana, berupa daging yang dibungkus tepung panir dan digoreng kering. Hingga kini, varian daging yang digunakan dalam katsu sangat beragam, tapi yang paling terkenal disana adalah tonkatsu yang berbahan dasar daging babi. Namun, di Indonesia sendiri, varian tonkatsu yang paling digemari adalah chicken katsu.

Chicken katsu adalah salah satu jenis hidangan Tonkatsu Jepang, berupa daging ayam yang dibumbui dan digoreng kering dengan balutan tepung roti. Chicken katsu dihidangkan dengan diiris memanjang, ditambahkan kubis dan dicocolkan ke saus teriyaki ataupun saus kental sejenis kecap inggris. Bahkan terkadang chicken katsu yang terasa crunchy, bisa dimakan dengan nasi putih, acar, dan sup miso. Hidangan chicken katsu ini dijamin benar-benar memikat hati seluruh orang, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Dengan kulit luarnya yang crunchy dan daging tebal dalamnya yang super lembut, membuat chicken katsu banyak penggemarnya, apalagi kalau dijadikan lauk makan nasi.

Chicken katsu memang tergolong jenis tonkatsu, yaitu hidangan daging berbalut tepung panir dari negara Jepang. Di Jepang, Tonkatsu telah ada sejak abad ke-19. Dengan varian paling umum adalah daging babi, baru setelah itu muncul varian lainnya, mulai dari daging ayam, daging cincang, dan daging sapi. Selain sebagai hidangan utama, tonkatsu sering dijadikan sebagai isian roti hingga dimakan dengan kari Jepang. Sedangkan di Indonesia sendiri, sudah muncul banyak sekali inovasi chicken katsu kekinian dan lebih ekonomis. Mulai dari katsu tempe, tonkatsu, menchi-katsu, gyu-katsu, katsu saus carbonara, katsu burger, hingga chicken katsu versi frozen food lhoh. Tentunya jadi lebih praktis dan tinggal digoreng kapanpun kalian mau.

Belakangan ini chicken katsu populer sebagai lauk dalam curry rice. Seporsi nasi hangat yang diberi topping sepotong chicken katsu dan disiram saus kari Jepang yang cokelat muda kental. Tak salah jika orang menganggap katsu adalah curry rice karena nasi kari Jepang ini populer di dunia.

Nah Sobat Pio, itu tadi sedikit penjelasan tentang chicken katsu ala Jepang yang terasa crunchy di luar, namun lembut di dalam. Sekian artikel kali ini dan sampai bertemu di edisi selanjutnya. (RED_SNH)

Sumber: https://kulinear.hops.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *