Hai, Sobat Pio! Bertepatan dengan Dies Natalis SMK Negeri 2 Kediri yang ke-57, PMI dan PMR SMK Negeri 2 Kediri bekerja sama untuk mengadakan kegiatan donor darah yang dibuka untuk umum. Kalian pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan kata donor darah? Donor darah adalah proses pengambilan darah dari tubuh seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah yang kemudian akan digunakan untuk transfusi darah. Seperti yang Sobat Pio ketahui bahwa tiga bulan sekali, SMK Negeri 2 Kediri rutin melaksanakan program donor darah. Jadi, apa saja sih tujuan dilaksanakannya kegiatan ini? Dan apa saja syarat-syarat yang yang harus dipenuhi oleh seorang pendonor darah? Yuk, simak lebih lanjut penjelasan dibawah ini.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah agar siswa yang ada di SMK Negeri 2 Kediri dapat dibekali dengan rasa relawan yang tinggi agar dapat membantu mengisi stok darah sewaktu waktu ada kekurangan dalam persediaan stok darah di PMI. Bila Sobat Pio ingin berpartisipasi dalam kegiatan ini, maka berikut ini adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi pendonor darah agar dapat mengikuti kegiatan tersebut, antara lain:

1. Sehat jasmani dan rohani.

2. Usia 17 sampai dengan 65 tahun.

3. Berat badan minimal 45 kg.

4. Kadar hemoglobin normal (12,5g% s/d 17,0g%).

5. Tekanan darah normal (sistole 100 – 170 dan diastole 70 – 100).

6. Saat menstruasi tidak diperbolehkan untuk melakukan donor darah.

Sebelum melakukan donor darah kita juga diwajibkan untuk sarapan terlebih dahulu agar keadaan tubuh kita tetap sehat dan fit selama kita melakukan transfusi darah dan tidak pingsan. Bagi kalian yang masih ragu untuk melakukan donor darah, maka perlu kalian ketahui bahwa banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh setelah melakukan kegiatan ini diantaranya yaitu, mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan produksi darah, menurunkan kolesterol, menurunkan risiko kanker, pikiran menjadi lebih stabil, dan masih banyak lagi. Setelah mengetahui manfaat yang dapat diperoleh dari donor darah, maka kalian tidak perlu takut lagi untuk melakukan donor darah. Ingat juga bahwa manfaat dari donor darah  ini bukan hanya untuk kita, melainkan juga untuk orang lain yang membutuhkannya. (RED_AJE)

 

Narasumber : Dewi Hana (XII-AKL 2)

Mohammad Ramzi Maulana abdullo (XI-PHT 1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *