Hai, Sobat Pio! Mendengarkan musik merupakan salah satu kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan sehari-hari. Kegiatan ini dapat memberikan relaksasi tersendiri. Dengan mengikuti irama dan lagu yang dinyanyikan, aktivitas ini dapat mengurangi rasa lelah dan penat setelah melakukan aktivitas seharian. Tidak heran, jika banyak orang yang gemar mendengarkan musik di waktu santai. Bukan hanya itu, sebagian orang bahkan mendengarkan musik sambil mengerjakan aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah mendengarkan musik sambil belajar. Kegiatan ini memang sering kali dilakukan oleh para pelajar, terutama saat melakukan kegiatan belajar di rumah.

Dilansir dari Healthline, manfaat mendengarkan musik saat belajar, dan efek negatif mendengarkan musik saat belajar sebagai berikut :

1. Meningkatkan Motivasi

Dalam hal ini, Sobat Pio dapat meningkatkan motivasi belajar dengan mendengarkan musik. Berdasarkan penelitian, mendengarkan musik saat belajar dapat memberikan semangat atau motivasi tersendiri. Di mana kegiatan belajar akan terasa lebih menyenangkan ketika dilakukan sambil mendengarkan musik yang disukai. Dengan begitu, kalian bisa menyelesaikan tugas sekolah dengan lebih semangat.

2. Meningkatkan Suasana Hati

Manfaat mendengarkan musik saat belajar juga dapat meningkatkan suasana hati. Dalam hal ini, musik dapat membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks dan bekerja lebih efektif. Selain itu, mendengarkan musik juga dapat meningkatkan mood atau suasana hati yang lebih baik.

3. Meningkatkan Fokus

Manfaat mendengarkan musik saat belajar ternyata juga membantu meningkatkan fokus otak. Berdasarkan studi pada 2007, mendengarkan musik-musik klasik dapat membantu otak menyerap dan menafsirkan informasi baru dengan lebih mudah. Dengan mendengarkan musik, kalian juga dapat memproses lebih banyak informasi yang diterima oleh otak.

Meskipun terdapat beberapa manfaat mendengarkan musik saat belajar yang bisa didapatkan, namun hal ini tidak berlaku untuk semua orang. Sebagian pelajar mungkin tidak masalah atau bahkan kegiatan belajar semakin terbantu ketika mendengarkan musik, tetapi bagi sebagian pelajar lain ini bisa jadi hal yang mengganggu. Bagi pelajar yang tidak bisa belajar sambil mendengarkan musik, mungkin mengalami beberapa efek negatif. Di mana mendengarkan musik dapat mengalihkan perhatian, sehingga konsentrasi akan terpecah dan sulit untuk belajar dengan fokus. Selain itu, mendengarkan musik saat belajar juga dapat mengurangi kapasitas memori kerja untuk memproses informasi. Bukan hanya itu, bagi sebagian orang mendengarkan musik saat belajar justru dapat menurunkan pemahaman membaca. Sehingga ketika mempelajari materi-materi baru, proses pemahaman materi tidak akan optimal karena gangguan suara yang didapatkan selama mendengarkan musik.

Nah Sobat Pio, itu tadi sedikit penjelasan tentang belajar sambil mendengarkan musik, manfaat mendengarkan musik saat belajar, dan efek negatif mendengarkan musik saat belajar. Sekian artikel hari ini semoga bermanfaat dan sampai bertemu di edisi selanjutnya. (RED_SNH)

Sumber : https://m.merdeka.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *