Hai, Sobat Pio! Kalian pernah dengar tentang Karya seni aplikasi tidak? Atau mungkin Sobat Pio pernah membuat karya seni aplikasi tapi kalian tidak tau nama karya tersebut. Karya seni aplikasi adalah teknik hias yang biasa diterapkan dalam seni jahit-menjahit. Cara menerapkan karya seni ini juga mudah. Kita dapat membuat karya ini dengan cara menempelkan berbagai kain yang dihias menyerupai bentuk binatang, bunga, dan lain sebagainya.
Karya seni ini sering diterapkan dalam kerajinan jahit-menjahit. Kalian dapat membuat potongan hiasan kemudian menempel atau menjahitnya dalam media kertas atau kain. Karya seni aplikasi memiliki teknik yang sama seperti, karya seni montase, mozaik, dan kolase. Karya seni aplikasi dapat dibuat oleh siapa saja. Untuk bahan-bahannya pun mudah didapatkan, selain itu kita bisa memanfaatkan bahan sisa yang tidak digunakan. Dalam pembuatan karya seni ini bisa dibuat dengan menjahit manual. Cara membuat karya seni aplikasi sangatlah mudah. Berikut ini adalah cara pembuatannya.
1. Pertama, pilih desain dan bahan kain. Gunakan bahan kain yang cocok dengan desain yang kamu pilih dan pertimbangkan pula warna yang ingin diaplikasikan.
2. Selanjutnya, gambar atau jiplak desain di selembar kertas. Jika desain sudah selesai, gunting dengan hati- hati menggunakan gunting yang tangkas.
3. Persiapkan bahan dasar untuk merekatkan aplikasi.
4. Tempelkan aplikasi sesuai pola kain yang telah dipotong pada bahan dasar.
5. Supaya lebih rapi, jahitlah dengan teknik sederhana, atau bisa juga dengan teknik jahit sulam.
6. Rapikan benang yang sudah diaplikasikan dari sisi belakang karya.
7. Setrika bahan dasar (kain, kaos, tas, atau bahan lainnya) agar lebih halus dan rapi.
Dari artikel di atas, karya ini sering digunakan pada kerajinan seni hias. Umumnya, karya seni ini dimanfaatkan untuk kebutuhan estetika seperti hiasan dinding, pajangan, cendera mata, dan lain-lain. Karya seni aplikasi ini juga dapat digunakan untuk sarung bantal, taplak meja, tempat dan lain sebagainya. Selain itu karya seni ini bisa dimanfaatkan untuk menutupi baju atau celana yang robek. (RED_SYL)

Sumber : https://www.detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *