Hai, Sobat Pio! Pernahkah kalian mengalami gejala seperti mulut terasa asam atau pahit, heartburn, sakit tenggorokan, atau rasa tidak nyaman di bagian tengah atau atas perut pada saat-saat terburuk? Jika pernah, kalian kemungkinan baru saja mengalami gejala asam lambung naik akibat kecemasan atau stres. Lalu, apa hubungan stres dan asam lambung naik?

Asam lambung naik atau refluks asam adalah kondisi yang terjadi ketika cairan asam dilambung bocor dan mengalir naik balik ke kerongkongan (esofagus). Kondisi ini dapat menimbulkan nyeri pada ulu hati, heartburn, serta berbagai gejala lainnya pada area dada bagian bawah dan perut. Serta penelitian juga menunjukkan bahwa adanya hubungan yang erat antara otak dan sistem pencernaan melalui sistem saraf pusat. Itulah alasan mengapa Asam lambung naik dan stres memang memiliki hubungan yang erat.

Ciri-ciri lambung stres yang utama adalah meningkatnya asam lambung sehingga menimbulkan rasa kembung, begah, perih, dan sakit. Selain itu, kita mungkin juga dapat merasakan diare, konstipasi, kehilangan nafsu makan, ataupun mual. Untuk mencegah maupun mengatasi asam lambung naik akibat stres maupun kecemasan,  perubahan faktor gaya hidup penting dilakukan, diantaranya:

  1. Rutin berolahraga

Kegiatan ini dapat membantu mengendurkan otot yang tegang dan melepaskan hormon alami yang membuat kita merasa nyaman.

  1. Hindari Makanan Pemicu

Jika sedang mengalami stres, maka cenderung sensitif terhadap makanan pemicu asam lambung seperti coklat, kafein, buah, jus jeruk,            makanan pedas, dan makanan berlemak.

  1. Tidur dan Istirahat yang Cukup

Tidur adalah pereda stres alami dan berkurangnya stres dapat membuat tidur lebih nyenyak.

  1. Praktikkan Teknik Relaksasi

Cobalah menjalani yoga atau mendengarkan musik yang menenangkan.

  1. Tertawa

Menonton film atau video lucu atau berkumpul dengan teman yang menyenangkan. Tertawa menjadi salah satu pereda stres alami                  eterbaik.

Nah, itu tadi penjelasan singkat mengenai hubungan antara stres dan kambuhnya penyakit asam lambung. Dengan mengetahui ini, semoga Sobat Pio bisa lebih waspada lagi menghadapi hal-hal yang mungkin meningkatkan stres atau kambuhnya penyakit asam lambung. Stay positive and stay healthy Sobat Pio! (RED_AJE)

Sumber: https://www.halodoc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *