Hai, Sobat Pio! Gimana kabar Sobat Pio? Semoga baik ya. Sobat Pio, aku mau tanya dong, apakah Sobat Pio tau apa itu Stretchmark? Jadi, stretchmark merupakan guratan berbentuk garis-garis halus dari jaringan parut yang terbentuk di permukaan kulit. Stretchmark dapat terjadi ketika kulit tertarik oleh pertumbuhan jaringan dengan cepat. Memang benar kulit umumnya memang elastis, namun saat meregang dengan intens, produksi protein yang membentuk jaringan ikat di kulit bernama kolagen bisa ikut terganggu. Proses ini membuat kulit membentuk jaringan yang mirip dengan bekas luka.

Bagi Sobat Pio yang masih remaja, kalian bisa tenang karena stretchmark sangat umum dalam masa pubertas. FYI aja nih Sobat Pio, ada beberapa orang yang lebih rentan memiliki stretchmark contohnya, perempuan, anggota keluarga yang memiliki stretchmark, kelebihan berat badan, berat badan baru turun secara drastis, dan ibu hamil. Nah, setelah tau apa itu Stretchmark, dan juga subjek yang bisa memiliki stretchmark, lanjut ke penyebab stretchmark pada remaja yuk?

Stretchmark merupakan bagian normal dari pubertas yang dialami remaja. Selama pubertas, tubuh remaja umumnya tumbuh sangat cepat. Beberapa remaja yang mengalami obesitas dan sedang berusaha membentuk tubuh dengan olahraga angkat bebas juga bisa rentan memiliki stretchmark. Stretchmark bukan hal yang perlu dikhawatirkan, tapi jika kalian merasa tidak nyaman dengan kehadiran stretchmark tersebut, kalian bisa melakukan beberapa cara untuk menghilangkannya, yaitu:

1. Penggunaan krim, lotion, dan gel retinoid.

2. Terapi Laser

3. Penggunaan mikrodermabrasi

4. Menggunakan frekuensi radio non ablatif

5. Menggunakan ultrasonik fokus mikro

Nah, itulah pengertian, penyebab, dan beberapa cara untuk mengatasi stretchmark pada remaja, apakah Sobat Pio tertarik mencoba salah satunya? Atau mungkin mencoba semua terapi yang sudah kita sarankan? Sebelumnya, jangan lupa konsultasi kepada dokter. Semoga atrikel ini bermanfaat, stay healthy Sobat Pio! (RED_VIO)

Sumber: https://pyfahealth.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *