Hai Sobat Pio, Bulan Desember tentunya sangat identik dengan perayaan hari raya natal. Tepatnya pada tanggal 25 Desember para umat kristiani akan mendatangi gereja dan beribadah disana. Pada setiap daerah di Indonesia pastinya memiliki tradisi tersendiri untuk merayakan hari raya natal ataupun hari besar keagamaan lainnya. Tradisi tersebut tentunya akan disesuaikan dengan tradisi setempat. Nah, tradisi perayaan natal dibeberapa daerah ini tergolong unik loh, Sobat Pio! Berikut beberapa tradisi natal diberbagai daerah Indonesia :

1. Pertama, ada Rabo-rabo dari Jakarta. Sebenarnya, tradisi ini hanya dapat dijumpai di Cilincing, Kampung Tugu. Setelah pergi ke gereja umat kristiani akan mengunjungi rumah-rumah tetangga dan diiringi oleh musik keroncong. Warga yang dikunjungi akan bergabung dengan rombongan, menari dan turut mengunjungi warga yang lain. Setelah semua warga berkumpul, mereka akan saling menaburkan bedak warna-warni sebagai tanda saling memaafkan dan penebusan dosa.

2. Selanjutnya, tradisi dari Manado. Pada awal Bulan Desember, Warga Manado akan memenuhi jalanan-jalanan yang ada di Manado dengan menggunakan kostum sinterklas dan membagikan hadiah dari pintu ke pintu lainnya. Pada saat puncak perayaan natal, para umat kristiani akan mengunjungi makam para keluarga ataupun kerabat mereka. Pada awal Bulan Januari akan diadakan Kunci Taon, orang-orang akan berparade mengelilingi kampung dengan menggunakan kostum unik.

3. Terakhir, ada tradisi dari Bali. Namanya adalah tradisi Ngejot dan Penjor. Tradisi ini dilakukan dengan cara membagi-bagikan makanan kepada para tetangga maupun kerabat terdekat. Selain itu, para umat kristiani juga akan menghiasi depan rumah dan gereja menggunakan janur kuning. Penjor sendiri memiliki makna sebagai naga Basuki yang memiliki arti kemakmuran dan kesejahteraan. Selain itu, ketika beribadah di gereja, mereka akan mengenakan kain tradisional, seperti kebaya, selendang, dan kain kamen berwarna hitam dan putih

Nah, itu tadi merupakan tradisi-tradisi unik yang ada di Indonesia. Semoga perayan natal tahun ini dipenuhi oleh kegembiraan dan kebahagiaan.(RED_SYL)

Sumber:-https://akupintar.id/

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *