Hai, Sobat Pio! Kalian tau nggak nih tentang sejarah Hari Dharma Samudra? Kalau kalian tidak tahu simak penjelasan berikut ini! Pada Januari 1962, ketegangan karena perebutan Irian Barat antara Indonesia dan Belanda semakin terasa, sebab Belanda diyakini telah melanggar kesepakatan Konferensi Meja Bundar dan tidak mau menyerahkan Irian Barat pada Indonesia sebagaimana kesepakatan dari KMB. Hal tersebut membuat pihak Indonesia mulai merancang sebuah operasi militer terbatas, di mana saat itu TNI melancarkan sebuah operasi klandestin atau operasi rahasia. Mereka bermaksud menyusupkan pasukan ke Irian. Saat itu, satu-satunya akses mengirim para infiltran hanya melalui lautan. Misi tersebut diberi nama “STC-9” yang merupakan kepanjangan dari Satuan Tugas Khusus 9 Januari. Soedomo kala itu memimpin tiga Motor Torpedo Boat (MTB), KRI Macan Tutul, KRI Macam Kumbang, dan KRI Harimau.

Pada awalnya, misi berjalan mulus pada tanggal 13 Januari seluruh infiltran telah dimasukkan ke dalam 3 MTB guna melakukan infiltrasi. Pada tanggal 15 Januari 1962, 3 kapal yang melaju semakin dekat ke Irian. Namun, tanpa disadari kehadiran mereka telah terdeteksi oleh pesawat pengintai milik Belanda. Pertempuran yang tak seimbang terjadi antara Angkatan Laut Indonesia dengan Tentara Belanda di Laut Aru. Tembakan peringatan pertama dilepaskan oleh pihak Belanda jatuh di dekat KRI Harimau, di mana Kolonel Soedomo dan sejumlah petinggi ALRI berada di atas kapal tersebut. Komodor Yos Sudarso segera memerintahkan ketiga kapal TNI AL untuk putar balik dan mundur. Tetapi Belanda mengartikan hal tersebut sebagai gerakan menyerang sehingga pihaknya melepaskan tembakan terlebih dahulu. Yos Sudarso gugur dalam pertempuran tersebut, sementara Soedomo selamat.

Kelak Soedomo lah yang diberi tugas mengendalikan seluruh kapal republik Indonesia dalam operasi Mandala dalam misi balas dendam. Peristiwa heroik di Laut Aru tersebut menjadi peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia dan diperingati sebagai Hari Dharma Samudra setiap tanggal 15 Januari. Nah, itu tadi penjelasan tentang Sejarah Hari Dharma Samudra, pasti Sobat Pio sekarang sudah tahu apa itu Hari Dharma Samudra kan. Mari tetap kenang sejarah yang ada di Indonesia bersama-sama. Sampai jumpa di edisi selanjutnya. (RED_FND)

Sumber: www.kumparan.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *