Hai, Sobat Pio! Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan makanan satu ini, yaitu Risol mayonaise. Risol mayonaise sedangramai diperbincangkan di media sosial pada beberapa hari belakangan ini, karena ada penjual Risol Margo di daerah Ciledug yang jadi buruan banyak orang. Salah satu varian yang banyak digemari adalah risol mayo. Biasanya, isi risol mayo campuran antara mayonaise dengan sosis atau daging asap. Namun, bisa juga menambahkan isian lain, seperti telur atau berbagai jenis sayuran.

Ternyata, satu risol sayur mengandung 192 kkal. Total kalori ini relatif besar untuk satu buah cemilan kecil, sebaiknya makan satu porsi saja agar tidak menambah asupan kalori dalam sehari. Berikut cara-cara membuat risol mayonaise:

1. Buat kulitnya terlebih dahulu dengan mencampurkan tepung terigu, susu cair, telur ayam, garam, dan kaldu bubuk. Aduk rata menggunakan balloon whisk hingga semua bahan tercampur merata dan tidak menyisakan gumpalan.

2. Masukkan margarin cair, kemudian aduk lagi hingga merata. Sesuaikan tekstur adonan dengan menambahkan susu cair secukupnya atau bisa juga ditambah air matang.

3. Setelah adonan siap, diamkan dulu beberapa saat agar adonan benar-benar menyatu, kurang lebih 10-15 menit.

4. Panaskan wajan datar anti lengket dengan api kecil, tuangkan 1 sendok sayur adonan kemudian lebarkan dengan cara memiringkan pan dengan gerakan memutar. Bisa juga dengan cara diratakan menggunakan sendok sayur dengan gerakan memutar.

5. Tunggu beberapa saat hingga kulit risoles matang. Tandanya yaitu bagian atas kulit mengering atau sudah tidak lengket ketika disentuh. Angkat, buat lagi kulit risoles hingga semua adonan habis.

6. Sekarang saatnya memberi isian, siapkan bahan isian berupa sosis cincang, potongan telur rebus, dan keju cheddar parut, kemudian tata di atas kulit risoles.

7. Gulungkan kulit risoles sesuai keinginan. Bisa digulungkan dengan bentuk bulat memajang atau bisa juga dibentuk segi tiga. Lakukan hingga semua kulit dan isian habis.

8. Celupkan risoles ke dalam kocokan telur, setelah itu gulingkan di atas tepung roti kasar hingga seluruh permukaannya terselimuti.

9. Sampai di sini risoles sudah siap di goreng, bisa juga disimpan dalam lemari es untuk digoreng kapan saja. Untuk menggorengnya, goreng risoles seperti biasa hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan lalu angkat

10. Sajikan risol mayonaise selagi hangat bersama dengan cabe rawit atau saus sambal.

Nah, jadi risol itu cemilan yang simpel banget cara pembuatannya dan pastinya banyak peminatnya, tidak heran kalau cemilan yang satu ini lagi viral banget. Itu tadi sedikit penjelasan tentang risol mayonaise dan cara-cara membuatnya, sekian artikel kali ini semoga bermanfaat sampai bertemu di edisi selanjutnya. (RED_INZ)

Sumber: http://m.liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *