Hai, Sobat Pio! Tahukah kalian? Membaca adalah suatu aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan untuk semua kalangan. Pasti di antara Sobat Pio ada yang kurang suka dengan reading atau membaca bukan? Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan reading atau membaca dengan optimal agar dapat membantu. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Sobat Pio lakukan agar dapat meningkatkan kemampuan reading dengan baik. Simak berikut ini ya!

1. Melakukan Pengoptimalan Fungsi Otak Kanan dan Kiri

Melakukan pengoptimalan fungsi otak kanan dan kiri akan sangat membantu dalam cara belajar dan meningkatkan kemampuan reading. Dengan hal ini Sobat Pio akan semakin dapat menguasai semuanya dengan cepat dan tepat. Kemampuan dalam membaca memang harus selalu dilatih dan dikembangkan agar jauh lebih terasah lagi.

2. Membaca dengan Urut Pada Sebuah Bacaan

Yang kedua yaitu membaca dengan urut pada sebuah bacaan. Membaca banyak bahan bacaan buku dapat melatih kemampuan reading. Hal ini memang sangat penting untuk dilakukan. Dalam hal ini kita harus memiliki banyak waktu untuk membaca dengan bahan bacaan yang banyak dan kita sukai, agar tidak terlalu jenuh dalam membaca dan mendapatkan manfaat dari kegiatan tersebut.

3. Menggunakan Jari untuk Mengurutkan Pembacaan Berdasarkan Barisnya

Berikutnya adalah menggunakan jari untuk mengurutkan pembacaan berdasarkan barisnya. Hal tersebut memang sangat ampuh untuk dilakukan. Kita bisa menggunakan jari mereka untuk berlatih membaca dengan urut, teratur, mudah, dan cepat. Semuanya akan semakin mempermudah para guru untuk memberikan pembelajaran kepada siswa. Siswa juga akan semakin cepat dalam belajar.

4. Menggunakan Pencahayaan Cukup Ketika Membaca

Menggunakan pencahayaan yang cukup ketika membaca adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Jika kita menggunakan pencahayaan minim, maka akan dapat merusak mata. Bahkan pada beberapa kasus dapat menyebabkan kebutaan. Untuk itu kita harus menggunakan pencahayaan yang terang dan baik. Dengan begitu, konsentrasi mata mereka juga akan menjadi lebih baik. Bahkan hal ini dapat meningkatkan keinginan kita dalam belajar membaca secara signifikan.

5. Mendengarkan Lagu

Langkah ini dianggap paling cocok karena keefektifan dan efek relaksasinya. Kita akan menjadi lebih tenang dan nyaman saat mendengarkan lagu bertemakan huruf-huruf seperti ini, daripada harus mendengarkan penjelasan langsung dari guru.

Itu dia beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan reading yang bisa Sobat Pio terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan kita dalam membaca harus selalu ditingkatkan dan diasah agar kita mendapatkan manfaat secara optimal dari apa yang kita baca. (RED_MUN)

Sumber:https://www.zenius.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *