Hai, Sobat Pio! Pernahkah kalian mendengar tentang hipertensi? Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi ketika tekanan darah berada diangka 130/80 milimeter merkuri (mmHG) atau lebih. Yang jika tidak segera ditangani, hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyebabkan munculnya penyakit-penyakit serius yang dapat mengancam nyawa, seperti gagal jantung, penyakit ginjal, dan stroke. Selain itu, hipertensi sendiri dikelompokkan ke dalam beberapa jenis. Berikut jenis hipertensi yang perlu kalian waspadai:
1. Hipertensi Primer atau Esensial
Jenis hipertensi ini akan muncul secara bertahap selama bertahun-tahun. Penyebabnya adalah karena faktor genetik, atau gaya hidup tidak sehat yang dialami. Kebanyakan orang yang memiliki penyakit ini tidak menunjukkan gejalanya sama sekali, bahkan gejala akan tampak mirip dengan kondisi medis lainnya.
2. Hipertensi Sekunder
Hipertensi sekunder merupakan salah satu jenis tekanan darah tinggi yang terjadi karena kondisi medis lain yang dialami pengidap. Kondisi ini cenderung muncul secara tiba-tiba dan menyebabkan tekanan darah melonjak naik. Beberapa kondisi yang memicu terjadinya hipertensi primer yaitu, gangguan kelenjar adrenal, Penyakit Ginjal, Mengonsumsi obat-obatan, serta masih banyak lagi.
3. Krisis hipertensi
Krisis hipertensi merupakan jenis hipertensi yang sudah mencapai tahapan parah, yang ditandai dengan tekanan darah mencapai 180/120 mmHg atau lebih. Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat merusak pembuluh darah, menyebabkan peradangan, serta bisa saja menimbulkan pendarahan dalam. Jika sudah terjadi, kondisi ini bisa menyebabkan komplikasi berbahaya, seperti stroke. Krisis hipertensi sendiri bisa disebabkan oleh beberapa penyakit, seperti serangan jantung stroke, gagal ginjal, atau gagal jantung.
4. Hipertensi Urgensi
Saat hipertensi urgensi terjadi, tekanan darah sudah sangat tinggi, tapi diperkirakan belum terjadi kerusakan pada organ-organ dalam tubuh. jenis hipertensi yang satu ini merupakan bagian dari krisis hipertensi. Gejala yang terjadi antara lain sesak napas, nyeri dada, sakit punggung, mati rasa, perubahan penglihatan, atau kesulitan bicara.
5. Hipertensi Emergensi
Hipertensi emergensi merupakan kondisi yang terjadi saat tekanan darah sudah sangat tinggi dan telah menyebabkan kerusakan pada organ tubuh. Gejalanya sendiri akan ditandai dengan sesak napas, nyeri dada, sakit punggung, mati rasa, perubahan penglihatan, kesulitan bicara, atau kejang-kejang. Saat gejalanya muncul, pengidap disarankan untuk segera pergi ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan medis darurat.
Nah, itu dia beberapa jenis Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang patut kita waspadai. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan Sobat Pio! (RED_AJE)

Sumber: https://www.halodoc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *