Hai, Sobat Pio! Bagaimana kabar kalian nih? Semoga baik-baik saja ya. Kali ini kita akan membahas tentang pengaruh IPTEK terhadap perekonomian. Apa saja dampak IPTEK terhadap perekonomian ya? Pasti kalian pada penasaran kan, yuk simak penjelasan berikut.

Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sangat berpengaruh besar dalam pertumbuhan ekonomi di suatu negara. Agar terjadi hubungan yang saling menguntungkan antara pembangunan IPTEK dan pembangunan ekonomi dapat terbentuk, pengembangan teknologi sangat diperlukan pada kebutuhan atau persoalan nyata (demand-driven). Bukan hanya itu, perkembangan teknologi yang dihasilkan akan mendukung dan meningkatkan daya saing dalam kegiatan ekonomi. IPTEK juga menunjang tiga kegiatan utama ekonomi, yaitu produksi, yang dulunya hanya bisa membuat alat-alat sederhana dan menggunakan tenaga manusia untuk memproduksi makanan, sekarang bisa membuatnya dalam jumlah besar hanya dengan mesin pembuat makanan yang ada di pabrik. Yang kedua ada distribusi, dengan adanya IPTEK kita bisa mengirim barang yang kita jual maupun beli dari luar negeri dengan transportasi yang canggih, sehingga waktu pengiriman juga cepat. Terakhir yaitu konsumsi, jika dahulu kita harus mendatangi penjual untuk mendapat barang yang diinginkan, sekarang kita hanya perlu memesan melalui aplikasi atau website di komputer maupun di smartphone dan barang yang kita pesan akan diantar.

Perkembangan IPTEK untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pasti juga menimbulkan dampak dan hambatan-hambatan tertentu. Berikut adalah dampak positif yang ditimbulkan oleh perkembangan IPTEK terhadap perekonomian, yaitu:

1. Mengerjakan sesuatu menjadi lebih mudah dan cepat dengan teknologi yang lebih maju

2. Mencari informasi yang dibutuhkan menjadi mudah dan cepat

3. Menambah wawasan

4. Semakin banyak bisnis online shop di Indonesia, baik dalam skala nasional maupun internasional

Perkembangan IPTEK juga menimbulkan dampak negatif, yaitu:

1. Dapat menimbulkan polusi udara yang disebabkan oleh asap kendaraan dan pabrik

2. Menimbulkan rasa malas dan menjadi bergantung pada teknologi, sehingga masyarakat tidak mau melakukan sesuatu yang merepotkan

3. Banyak pengangguran, karena tenaga kerja sekarang sudah diganti dengan teknologi yang super canggih

4. Langsung mempercayai dan menyimpulkan informasi yang didapat tanpa mencari tahu kebenarannya terlebih dahulu

Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang pengaruh IPTEK terhadap perekonomian, semoga bermanfaat ya, Sobat Pio. (RED_INF)

Sumber: https//www.tribunnews.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *