Hai, Sobat Pio! Perkembangan ilmu teknologi semakin terlihat memberi dampak bagi kemajuan negara Indonesia setelah Proklamasi Kemerdekaan. Masyarakat sedikit demi sedikit mulai belajar melakukan berbagai inovasi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi yang ada di Indonesia. Kecekatan daya pikir masyarakat yang menjadikan kemajuan ilmu teknologi saat ini semakin pesat. Pesatnya kemajuan ilmu teknologi saat ini tidak bisa dibatasi maupun dihentikan, pesatnya perkembangan teknologi ini juga tidak lupa dengan nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia menjadi ciri khas yang dimiliki untuk memajukan ilmu pengetahuan teknologi yang ada di Indonesia.

     Menurut Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, bangsa yang menguasai ilmu pengetahuan teknologi adalah bangsa yang memiliki kemampuan untuk bersaing melawan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi yang ada di negara lain. Pemenang yang berada digaris depan akan mengalami kemajuan dibeberapa bidang, di bidang ekonomi, politik, budaya, dan relasi antarnegara. Kemajuan Ilmu teknologi tanpa didasari oleh nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia maka identitas tersebut akan luntur dari waktu ke waktu. Lunturnya nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia sangat bertentangan dengan nilai pancasila.

     Lunturnya nilai-nilai tersebut mengakibatkan masyarakat kurang mempunyai etika dan moral yang baik dalam menyikapi kemajuan ilmu pengetahuan teknologi saat ini. Faktor tersebut dapat menjadikan masyarakat tidak tau batas dan aturan yang mengakibatkan masyarakat tidak mempunyai rasa kemanusiaan antara sesama yang akan menimbulkan perpecahan bagi bangsa Indonesia. Pentingnya nilai-nilai luhur bangsa Indonesia bagi kemajuan ilmu teknologi saat ini. Banyak anak muda yang sekarang tidak memperdulikan pentingnya nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

     Menanamkan nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia di masa sekarang sangat berpengaruh pada kemajuan ilmu teknologi di masa yang akan datang nanti. Sebagai pemuda yang hidup di masa sekarang ini mari kita kembangkan dan pererat nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia dan nilai-nilai Pancasila yang saat ini hampir luntur. Dengan mempererat nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia kita dapat mengontrol perkembangnya ilmu teknologi yang sangat pesat saat ini.(RED_ASP)

 

Sumber: https://inet.detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *