Hai, Sobat Pio! Kalian pasti penasaran dengan “Sastra Cyber” Apalagi kalian juga tidak pernah membaca tentang sejarah ini kan? Pasti kalian penasaran banget tentang Sastra Cyber. Sastra Cyber merupakan karya sastra yang biasanya dikerjakan dan dipublikasikan melalui media internet. Sastra cyber bisa berupa karya sastra seperti puisi atau prosa bisa juga berupa cerpen atau komik, dan lain-lain. Sastra cyber juga menjadi salah satu penggiat literasi saat ini. Membaca adalah jendela dunia yang membuat manusia dekat dengan karya sastra. Literasi sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat yang berkarakter. Melalui beberapa platform dalam Sastra Cyber, pembaca akan lebih mudah mendapatkan sumber bacaan yang diinginkan. Kehadiran Sastra Cyber memang membawa keunikan tersendiri dalam kesastraan Indonesia maupun dunia melalui mediumnya yang dianggap bahwa Sastra cyber tumbuh sebagai implikasi dari perkembangan zaman yang semakin modern.

Kelebihan Sastra Cyber yaitu dapat menjadikan media informasi secara digital yang bisa dibaca dan ditulis situs (blog). Pembuatan situs (blog) juga secara gratis. Kita dapat mengisi blog itu dengan rangkaian karya sastra kita seperti cerpen, puisi, pantun, dan karya sastra lainnya. Kekurangan Sastra Cyber adalah tidak memungkinkan siapapun yang terlibat di dalamnya untuk bertemu langsung, membaca langsung, dan bertanya tentang isi makna karya tersebut.

Ciri-ciri Sastra Cyber adalah sebuah karya yang melalui media internet, atau di dunia maya, seorang pengarang dapat menayangkan karyanya secara langsung tanpa melalui editing ketat dari otoritas lain. Proses yang lazimnya dilalui ketika seorang pengarang akan mengirimkan karya-karyanya ke koran, majalah, atau menerbitkannya sebagai buku.

Jadi, penjelasan di atas mengenai Sastra Cyber yang merupakan sebuah media informasi berupa digital seperti blog, majalah digital, wattpad, dan masih banyak lagi. Kita sering kali menggunakannya, namun tidak pernah tahu apa itu Sastra Cyber. Sekarang kalian menjadi tahu apa maksud, kekurangan, serta kelebihan dari Sastra Cyber. Semoga bermanfaat ya, Sobat Pio. Sampai jumpa di edisi selanjutnya. (RED_MIV)

Sumber: http://aceh.tribunnews.com/2012/01/29/sastra-cyber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *