Hai Sobat Pio, Ada kabar gembira nih! Kalian sudah tahu belum, kalau Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menargetkan semua sekolah di seluruh daerah sudah melakukan kegiatan pembelajaran tatap muka pada bulan Juli 2021. Menurutnya setelah vaksinasi guru dan tenaga kependidikan selesai dilakukan, semua sekolah akan melaksanakan sistem belajar tatap muka. “Pembelajaran tatap muka ini diperbolehkan, tapi tidak diwajibkan. Keputusan ada di pemerintah daerah, kepala sekolah, dan orang tua melalui komite sekolah,” ujar Nadiem.

Bapak Nadiem menjelaskan bahwa langkah ini diambil pemerintah sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk mempersiapkan pembukaan sekolah tahun ajaran 2021. Pembelajaran tatap muka rencananya dilakukan dengan sistem rotasi. Sekitar 50% siswa akan masuk ke sekolah dan sisanya melakukan pembelajaran daring secara bergantian. Pembelajaran di sekolah juga harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat karena covid-19 masih ada di Indonesia.

Rencana sistem tatap muka tetap berlanjut ketika Presiden Joko Widodo menargetkan vaksinasi kepada 5,7 juta guru di Indonesia. Beliau mengatakan bahwa target sistem tatap muka akan dilakukan pada bulan Juli mendatang. Menurut beliau vaksinasi guru dan jajarannya menjadi prioritas utama dalam melakukan kegiatan ini.

Anggota Dewan Pendidikan Jatim Lutfi Isa Ansori menilai, pembukaan sekolah-sekolah sudah ditunggu masyarakat terutama para orangtua.  Menurut mereka pembelajaran daring tidak semaksimal pembelajaran tatap muka. Kendala utamanya adalah fasilitas pendidikan yang kurang, serta berbagai hambatan dari internet.

Sebelumnya, bapak Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinasi di SMAN 70 pada 24 Februari 2021. Bapak Jokowi juga mengatakan bahwa setelah vaksinasi di SMAN 70 akan dilakukan vaksinasi di seluruh sekolah yang ada di indonesia sebagai langkah terciptanya pembelajaran tatap muka nantinya. Selain Guru yang menjadi prioritas vaksinasi untuk menunjang proses sistem tatap muka, bapak Jokowi juga memprioritaskan lansia, petugas layanan publik, pedagang hingga wartawan. Jadi kepada sobat pio, kalian harus menyiapkan diri karena sebentar lagi sistem pembelajaran daring akan berakhir dan digantikan dengan sistem pembelajaran tatap muka. Tetap semangat sobat pio. (RED_FBA)

Sumber: tempo.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *