Hai Sobat Pio! Kalian tahu nggak sih apa itu staycation? Staycation atau berlibur di dalam kota, sudah naik daun bahkan sebelum pandemi virus corona mengguncang dunia pariwisata. Sejak krisis finansial global tahun 2008, banyak pejalan yang mengurangi biaya liburan mereka dengan mengunjungi destinasi yang lebih dekat dengan rumah, kata Marloes de Vries, analis travel senior di lembaga riset konsumen Mintel. Milenial nampaknya melanjutkan tren tersebut dengan alasan penghematan dan gaya hidup, kata de Vries kepada BBC.

Tahun ini, Covid-19 telah membuat kita menavigasi aturan baru soal kebersihan, jaga jarak, dan menutup perbatasan di banyak negara, ditambah dengan ketidakpastian ekonomi, sehingga staycation kelihatannya akan menjadi lebih populer dari tahun sebelumnya.

Berikut beberapa cara untuk membuat liburan kalian di dekat rumah sukses:

1. Lupakan tugas-tugas kalian

Penting bagi kalian untuk keluar dari pikiran agar benar-benar istirahat, kata Claudia Unger, analis travel di perusahaan riset pasar Phocuswright, pelatih keseimbangan hidup dan pekerjaan bagi eksekutif. Ketika kalian sibuk memikirkan masalah sehari-hari, “itu seperti kalian pergi ke hutan tapi tidak melihat pohon-pohonnya,” katanya kepada BBC.

Analoginya seperti ini: jika kalian sedang liburan, kalian tidak akan melakukan pekerjaan rumah atau memperbarui asuransi kalian .

2. Prioritaskan kebutuhan kalian

Lena Schmidt, instruktur yoga dari San Diego, Amerika Serikat, yang menulis soal pertumbuhan pribadi, menyarankan kalian memberitahu teman dan keluarga bahwa kalian akan berlibur, seolah-olah kalian akan ke luar kota. Matikan ponsel kalian, atau setidaknya diamkan notifikasi. Aktifkan surat elektronik ke luar kantor otomatis dan pastikan kalian tidak sering memeriksa kotak masuk.

Tentu kalian masih dapat menikmati teknologi, selama itu dengan hal-hal yang kalian suka, seperti mendengarkan musik atau podcast dan menonton acara favorit kalian. Unger mengatakan, “Pastikan kalian memenuhi kebutuhan kalian dahulu sebelum mengatakan ‘iya’ pada kebutuhan orang lain yang memakan waktu kalian.”

3. Lihat destinasi lama dengan perspektif baru

Baik di kota maupun di desa, kalian kemungkinan besar memiliki kebiasaan tersendiri seperti sebagian besar manusia. Tetapi, staycation memberi kalian peluang untuk menikmati hal-hal baru dengan perspektif baru.

Psikolog sering menunjukkan keuntungan dari mengubah kebiasaan kita dengan aksi sederhana, seperti pergi ke restoran langganan namun duduk di kursi yang berbeda atau mengunjungi tempat-tempat yang sama pada waktu yang berbeda. Menjauhi kebiasaan yang dilakukan secara otomatis adalah salah satu cara untuk menjaga pikiran kita tetap terhubung dengan apa yang kita lakukan, kata Unger. “Jadilah diri kalian sendiri dan hadir pada momen itu, lakukan dengan sungguh-sungguh apapun yang kalian lakukan pada momen tersebut.”

Jadi, itu tadi ya Sobat Pio cara menikmati staycation. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat. Sampai jumpa di edisi selanjutnya. (RED_DAK)

 

Sumber : www.bbc.com/indonesia/majalah-5346884

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *