Kiloe Jurnalis

Hai, Sobat Pio! Pasti beberapa handphone Sobat Pio ada fitur fingerpint-nya bukan? Nah, Sobat Pio tahu tidak, apa itu fitur fingerprint? Fitur fingerprint merupakan salah satu inovasi para produsen handphone untuk menarik perhatian konsumen dalam menghadapi kemajuan teknologi. Fingerprint adalah suatu sistem sensor keamanan yang digunakan untuk membaca sidik jari agar dapat menyatakan identitas seseorang sebagai pengganti kata sandi biasa.
Lalu bagaimana cara kerja fingerprint? Cara kerjanya dimulai dengan membaca pola garis yang ada pada jari menggunakan sensor dalam sistem handphone dan merekamnya sebagai data untuk disimpan. Jika pengguna menempelkan jari pada fingerprint dan pola jari sama, maka handphone yang sebelumya terkunci akan terbuka. Tidak hanya sebagai pengunci telepon saja, fingerprint juga dapat digunakan untuk selfie, membuka aplikasi dan folder serta membuka kotak notifikasi. Ada beberapa jenis sensor fingerprint diantaranya, sensor optik yang menggunakan refleksi cahaya, sensor panas dengan menggunakan sinar inframerah, dan sensor frekuensi menggunakan sinyal dari konduktor, yaitu kulit manusia.
Fingerprint pada handphone peletakannya pun berbeda-beda Sobat Pio, ada yang di bagian belakang bodi handphone, ada yang di bawah layar handphone, ada yang di depan bersama tombol home dan ada juga yang terletak pada samping bodi handphone yang dinamakan side fingerprint. Side fingerprint merupakan sensor fingerprint yang terintegrasi dengan tombol power di samping. Kelebihan side fingerprint dibandingkan lainnya adalah pengguna dapat membuka kunci handphone dengan mudah saat di meja atau ketika mengambilnya dari saku. Namun, dibalik kelebihan pasti ada kekurangannya, kekurangan dari sensor side fingerprint adalah handphone yang menggunakan sensor fingerprint samping akan mendesain handphone-nya lebih tebal.
Jadi Sobat Pio, fingerprint adalah sensor keamanan yang membaca sidik jari agar dapat menyatakan identitas seseorang, dimana dalam setiap handphone peletakan fingerprint pun berbeda-beda. Tidak diragukan lagi, penggunaan fingerprint dapat menjaga keamanan yang tinggi dan lebih mudah membuka handphone tanpa harus membuka pola sandi terlebih dahulu. Namun, para pengguna sensor fingerprint juga dapat kesulitan apabila jari pengguna terluka, sebab sensor fingerprint tidak dapat mengenali sedangkan sidik jari yang terdaftar tidak bisa diubah lagi. (RED_DS&FBY)
Sumber : https://daftarhargahp.co.id
https://blog.tribunjualbeli.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *