Hai Sobat Pio! Apakah kalian pernah membayangkan bagaimana jadinya jika dunia ini tidak ada teknologi? Nah, berbagai gadget canggih yang kalian gunakan saat ini ternyata telah banyak mengalami perkembangan teknologi lho. Sebagai negara berkembang, Indonesia pastinya juga merasakan dampak dari kemajuan teknologi. Bagaimana perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Indonesia? Kemajuan teknologi berkembang sangat pesat saat ini, dilihat dari banyaknya inovasi yang telah dihasilkan dari berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). IPTEK adalah sumber informasi yang menambah wawasan dan kemampuan di bidang teknologi. Di mana kemajuan IPTEK saat ini memberi kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan manusia. Tetapi IPTEK juga memberi pengaruh negatif. Nah, apa aja sih dampak positif dan negatif dari IPTEK itu?

Pengaruh positif dari kemajuan IPTEK, yaitu :

  • Bidang Politik

Kemajuan IPTEK berpengaruh terhadap kemajuan pikiran dan partisipasi bangsa Indonesia, yang bisa menjadi alat kontrol untuk kelangsungan pemerintahan yang bersih, jujur, adil, dan dapat menerima aspirasi dari masyarakat dengan baik.

  • Bidang Ekonomi

Di bidang ekonomi, kemajuan IPTEK bisa mendorong penanaman modal asing, meningkatkan kemakmuran rakyat, meningkatkan kesempatan dan devisa kerja, dan terbukanya pasar internasional untuk produksi dalam negeri.

  • Bidang Hukum

Kemajuan IPTEK memperkuat pertahanan dan keamanan negara, demokrasi, dan tuntutan Hak Asasi Manusia. Dan juga memperkuat tuntutan terhadap tugas-tugas penengak hukum yang lebih profesional dan bertanggung jawab. Serta memperkuat pembuatan peraturan perundang-undangan yang bermanfaat dan memihak pada rakyat.

Pengaruh negatif dari kemajuan IPTEK, yaitu :

  • Bidang Politik

Dengan berkembangnya IPTEK, tidak menutup kemungkinan untuk kebebasan demokrasi dan keterbukaan disalahartikan masyarakat yang membuat terganggunya stabilitas politik dalam negeri.

  • Bidang Ekonomi

Pekembangan IPTEK bisa merugikan karena meningkatnya perdagangan bebas yang membuat produk lokal tergeser, munculnya kesenjangan sosial karena adanya persaingan  bebas, dan kemungkinan perekonomian dikuasai pihak asing.

  • Bidang Hukum

Kemajuan IPTEK dikhawatirkan memunculkan tindakan anarkisme yang mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa, ketahanan negara, dan stabilitas nasional.

Oleh karena itu, diperlukan adanya solusi dalam menghadapi kemajuan IPTEK di sebuah negara, sehingga kemajuan teknologi bisa dimanfaatkan dengan baik. Perkembangan IPTEK harus sesuai dengan sila Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa dan sesuai dengan UUD 1945 untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. (RED_ASA)

 

Sumber : www.kelaspintar.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *