Hai Sobat Pio, kalian tahukan Isra’ Mi’raj itu apa? Isra’ Mi’raj adalah awal mula diturunkannya perintah sholat lima waktu melalui perantara Nabi Muhammad SAW. Peristiwa Isra’ Mi’raj sendiri terjadi selama satu hari satu malam. Isra’ Mi’raj adalah dua peristiwa yang berbeda. Isra’ adalah peristiwa perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsa di Yerusalem. Sedangkan Mi’raj adalah peristiwa perjalanan Nabi Muhammad dari bumi ke Sidratul Muntaha, yaitu ┬álangit ke tujuh yang merupakan tempat tertinggi.

Di SMK Negeri 2 kali ini acara Isra’ Mi’raj berlangsung tidak seperti dulu. Karena adanya pandemi, yang mengikuti acara kali ini hanyalah beberapa guru dan perwakilan organisasi serta perwakilan kelas saja. Acara kali ini mengangkat tema “ROHANI” kepanjangan dari Reorienting Our Heads And Minds dan judulnya yaitu “Wujudkan Akhlakul Karimah Melalui Tiang Agama”. Pengisi kajian kali ini adalah K.H.Abdul Manaf dari Pondok Ploso Al Falah.

Acara Isra’ Mi’raj yang biasanya meriah dan diikuti oleh seluruh siswa SMK Negeri 2 Kota Kediri kini tidak semeriah tahun lalu, dan acara yang biasanya dilakukan di aula sekarang berpindah di hall SMK Negeri 2 Kota Kediri. Lomba-lomba kali ini pun juga dilakukan secara virtual tidak seperti biasanya yang diadakan secara offline, diantaranya yaitu OOTD busana muslim, membuat cerita islami, dan TTS.

Dari peristiwa Isra’ Mi’raj ini kita dapat mengambil beberapa hikmahnya antara lain yaitu:

  1. Diajarkan untuk berkhalwah (menyepi) dan pengkhususan.
  2. Waktu dikabulkannya doa.
  3. Waktu terbaik yang dijanjikan.
  4. Percaya akan hal ghaib.
  5. Percaya bahwa setiap kesulitan pasti ada kemudahan.
  6. Menjalankan sholat lima waktu. Dan masih banyak lagi hikmah yang dapat kita ambil dari peristiwa tersebut.

Nah Sobat Pio, sekian artikel tentang penjelasan peristiwa Isra’Mi’raj serta hikmahnya. Semoga bermanfaat. (RED_RAA&SBI)

Narasumber: Eka Lutfiana XI OTKP 2 dan Nabila Syawal M. XI AKL 2

Sumber: https://m.merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *