Hai Sobat Pio! Apa kabar? Kami harap kalian sehat selalu ya. Di tengah pandemi seperti ini, kita harus tetap menerepkan 5M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas. Apa Sobat Pio sudah mendengar mengenai vaksinasi Covid-19? Apa sih vaksinasi Covid-19 itu? Vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam menangani masalah Covid-19. Vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk menciptakan kekebalan imun (herd immunity) agar masyarakat menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktivitas kesehariannya. Nah, sekarang apakah Sobat Pio sudah tahu bahwa siswa SMKN 2 Kediri  juga melakukan vaksinasi serentak? Pada hari ini Kamis, 19 Agustus 2021 sebanyak kurang lebih 500 siswa sudah divaksinasi.

Menurut narasumber kami, perbedaan sebelum dan sesudah melakukan vaksinasi adalah perasaan lega. Seperti yang kita tahu, vaksin termasuk obat yang sulit untuk didapatkan dan stok terbatas. Jadi, kegiatan vaksinasi sekolah ini sangat membantu para siswa yang kesulitan mendapat vaksin dari daerah tempat tinggalnya. Para partisipan juga sudah mempersiapkan mental dan fisiknya sebelum melakukan vaksinasi hari ini. Persiapan sebelum vaksinasi dimulai dari menjaga jam tidur, menjaga pola makan, menjaga hal-hal yang dikonsumsi selama satu minggu sebelum vaksinasi, dan ada beberapa ketentuan sebelum melakukan vaksinasi.

Siklus vaksinasi sendiri dimulai dari meja pendaftaran, kemudian dilanjutkan dengan screening dan wawancara singkat, setelah lolos, kemudian lanjut dengan penyuntikan vaksinnya sendiri. Setelah vaksin disuntikkan, para partisipan akan melalui proses observasi. Proses observasi sendiri ada untuk melihat apakah partisipan merasakan efek samping dari vaksin tersebut atau tidak, proses ini berjalan selama 15 menit sambil menunggu sertifikat vaksin diberikan. Ketika ada di fase screening, partisipan akan diperiksa oleh dokter apakah partisipan memiliki komorbid atau penyakit penyerta, dan seleksi ini menentukan apakah seseorang lolos untuk mendapat vaksin atau tidak.

Tapi, apakah kegiatan vaksinasi hari ini sudah efektif untuk mencegah peningkatan kasus Covid-19? Menurut Bu Lusi Kustiningrum, S.K.M, salah satu perwakilan Dinas Kesehatan Kota Kediri yang hadir pada kegiatan vaksinasi menyatakan, “Efektifitas dari vaksin tergantung dari partisipan itu sendiri. Karena petugas belum tentu dapat mengetahui apakah partisipan membawa ataupun sudah terpapar virus Covid-19 sebelum vaksinasi”. Beliau juga menambahkan agar kita tetap menjaga kesehatan meskipun kita sudah melakukan vaksinasi, “Karena virusnya itu ada di dalam mulut, kita harus tetap menggunakan masker. Mencegah paparan virus ini, tapi bukan berarti tangan dan tubuh kita aman dari virus ini ya, oleh karena itu kita harus tetap mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, menjaga kebersihan, dan menjaga jarak.”

Kita harus percaya bahwa tidak ada hal buruk yang akan datang melalui vaksinasi. Diharapkan dengan adanya vaksinasi hari ini, Indonesia dapat menekan tingkat kasus Covid-19, dan para siswa dapat segera kembali bersekolah lagi. Jangan lupa melakukan vaksinasi agar kita dapat mencegah diri kita supaya tidak terpapar Covid-19 ya Sobat Pio. Mari vaksinasi! (RED_VIO)

 

Narasumber :

  • Ibu Lusi Kustiningrum S.K.M
  • Rahma Ayu Fransiska (XI OTKP 1)
  • Avril Eka Nanda (XI AKL 2)
  • Rosetha Mayna Angelitha Krisinthane (XI AKL 2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *