Hai Sobat Pio! Tahukah kalian jika sekolah mengalami perubahan menuju ke arah modernitas? Dulu kita masih sering menjumpai papan tulis dan kapur, kini benda tersebut sudah berganti menjadi white board dan spidol. Tak hanya itu, sekarang sudah banyak dijumpai komputer-komputer di perpustakaan atau bahkan ruang-ruang kelas. Membayangkan sekolah 50 tahun ke depan, kira-kira apa yang bakal terjadi ya? Sudah pasti akan banyak sekali implementasi teknologi yang keren. Nah, berikut adalah beberapa hal super canggih yang mungkin bisa kita lihat di sekolah masa depan.

  1. Digitally Personalized Desks

Di sekolah masa depan mungkin peran meja tidak hanya sebatas tempat menulis atau tidur saja, tapi menjadi peralatan belajar yang sangat penting. Nantinya meja-meja ini bisa digunakan para murid untuk mengakses berbagai literatur online ketika pelajaran tengah berlangsung atau bahkan berkomunikasi dengan murid-murid di belahan bumi lain untuk saling berdiskusi. Board besar seperti ini memang sudah ada dan sepertinya hanya tinggal menunggu waktu untuk diimplementasikan.

  1. Robot Teacher

Percaya atau tidak, kita sudah memasuki era di mana robot-robot telah menggantikan peran para guru. Pemanfaatan teknologi robotik di sekolah tidak hanya menempatkan sebuah robot di sana, tapi juga bisa digunakan sebagai media pengajaran. Mereka menggunakan robot untuk menggantikan fungsi guru secara fisik, jadi pergerakan robot di kelas dikontrol penuh oleh si guru dari jarak jauh. Hal ini memungkinkan guru untuk selalu bisa mengajar di manapun berada.

  1. Cognitive Hardrive

Nantinya pengetahuan bukan hanya bisa didapat dari membaca saja, tapi lewat transfer data ke dalam hardrive yang akan langsung dibaca otak. Teknologi ini berguna bagi guru agar selalu bisa mengupdate sumber bahan ajar untuk disampaikan ke murid.

  1. Haptic Technology

Lewat teknologi ini para murid bisa mengeksplorasi apa pun lewat sentuhan tapi virtual. Haptic Technology bisa membuat pengguna merasakan pengalaman seperti memegang benda aslinya, lantaran juga dibekali sensor gerakan dan juga getaran. Tidak akan ada lagi kelas-kelas biologi mengerikan saat para murid harus membedah hewan-hewan praktik. Cukup gunakan teknologi ini, mereka sudah mendapatkan pengajaran yang sama.

  1. Virtual Reality Googles

Berbekal peralatan kacamata virtual ini, para murid akan benar-benar merasakan pengalaman belajar yang berbeda. Tidak hanya pasif menonton, mereka juga bisa terlibat secara langsung dalam simulasi yang disematkan ke alat canggih ini. Metode pembelajaran yang lebih mengedepankan visual seperti ini akan lebih bisa diserap para murid.

Nah, saat peralatan canggih di atas sudah mulai diproduksi dan diterapkan, pasti murid-murid masa depan akan luar biasa pintarnya. Jika anak-anak sekarang diumur 5-6 tahun baru belajar membaca dan menghitung, mungkin saja anak-anak masa depan diumur yang sama sudah bisa memprogram robot atau bahkan sudah bisa meretas suatu sistem. Teknologi memungkinkan apa pun terjadi. (RED_ASA)

Sumber: https://lintaseradigital.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *