Hai, Sobat Pio!  Gimana tanggapan kalian mengenai PAS online atau offline? Menurut kalian lebih mudah PAS online atau offline? Minggu ini sedang berlangsung penilaian evaluasi siswa melalui Penilaian Akhir Semester (PAS). Berbeda dengan tahun sebelumnya, di tahun ini kegiatan PAS dilakukan secara offline. Sejak pertengahan semester ini, sekolah sudah mulai menyelenggarakan Pertemuan Tatap Muka (PTM). Kondisi yang berangsur stabil dari pandemi Covid-19 membuat kegiatan belajar mengajar mulai normal kembali, meskipun dengan tahap 25% dan sekarang sudah 50% dari  jumlah seluruh siswa.

Pada penilaian akhir semester ini antara satu sekolah dengan yang lainnya berbeda dalam sistem penilaiannya. Hal ini mengacu pada kondisi masing-masing sekolah dan ada pula yang berdasarkan kesepakatan para kepala sekolah pada tingkatan regional. Maka saya melihat ada beberapa bentuk sistem PAS yang diterapkan pada semester. Pertama, menggunakan full sistem online dari rumah. Walaupun sudah menerapkan PTM bertahap, namun saat PAS menerapkan sistem online. Siswa mengerjakan seluruh soal dari rumah melalui gadget masing-masing. Cara pengerjaan ada yang lewat aplikasi pembelajaran yang biasa digunakan saat daring, ada juga yang mengirimkan soal melalui link googleform, tergantung kebijaksanaan dari pihak sekolah. Kedua, PAS online di sekolah. Settingan ruang tes dibuat seperti saat PAS biasanya, namun siswa mengerjakan soal lewat gadget. Para siswa mengerjakan soal pada satu wadah aplikasi yang disediakan sekolah. Sistem ini rawan masalah juga jika sinyal putus atau aplikasi sedang eror, apalagi jika jawaban siswa tidak tersimpan dan harus mengulang dari awal.

Ketiga, PAS offline di sekolah. Ini dilakukan seperti biasanya. Perbedaannya satu ruang hanya diisi setengah dari kapasitas seperti ketika pembelajaran tatap muka 50%. Ini mengakibatkan kebutuhan ruang ujian cukup banyak dan bisa disiasati dengan menerapkan dua shift atau sesi dalam satu hari. Pelaksanaannya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker serta menjaga jarak. Sekali lagi, cara apapun yang dipakai pihak sekolah tentu sudah melalui pertimbangan matang dengan memperhatikan kondisi lingkungan dan siswa. Nah, itu dia tanggapan mengenai PAS online atau offline. Menurut kalian gimana lebih enak online atau offline nih? Pastinya lebih lebih enak offline kan? Selain bisa bertemu dengan teman-teman di sekolah pastinya kita lebih memahami materi. Nah, itu tadi pembahasan mengenai penyelenggaraan PAS secara offline. Sekian dulu artikel kali ini semoga bermanfaat, sampai bertemu di edisi selanjutnya. (RED_FND)

Sumber : https://www.kompasiana.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *