Hai Sobat Pio! Ada kabar gembira nih! Kalian sudah tahu belum kalau Kemdikbud melanjutkan program bantuan kuota internet gratis mulai bulan Maret 2021, hingga tiga bulan ke depan? Bantuan kuota ini diperuntukkan bagi pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen. Namun, untuk tahun ini tidak sebanyak tahun kemarin, sebab terdapat perbaikan kebijakan terkait dengan kuota. Penggunaan bantuan kuota internet gratis ini diharuskan hanya untuk kepentingan yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Yaitu kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan secara daring selama pandemi Covid-19.

Kemdikbud telah menyelenggarakan program bantuan kuota internet gratis bagi masing-masing provider penerima. Setiap penerima program bantuan kuota internet gratis Kemdikbud pada tahun lalu kini bisa mendapatkannya kembali dari sejumlah provider untuk tahun 2021. Program bantuan kuota internet gratis ini diperoleh penerima yang menggunakan provider Telkomsel, XL, Indosat, Tri, dan Smartfren. Tidak dapat dipungkiri, keempat jenis provider tersebut banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tentunya hal ini akan memudahkan proses penyaluran bantuan kuota internet gratis Kemdikbud pada tahun 2021 ini.

Pelajar dan pengajar pengguna provider tersebut tidak perlu khawatir tentang status penerima bantuan kuota internet gratis dari Kemdikbud tersebut. Karena seluruh pelajar dan pengajar semua jenjang pendidikan bisa mendapatkan kuota internet gratis ini. Untuk memastikan pembagian kuota internet gratis tersalurkan dengan baik, Kemdikbud menerapkan pembatasan penggunan kuota tersebut. Yang berhak menikmati program bantuan kuota internet gratis ini adalah para pelajar atau mahasiswa dan tenaga pendidik. Adapun rincian penyaluran program bantuan kuota internet gratis Kemdikbud tahun 2021, antara lain:

  1. 7GB disalurkan untuk peserta didik jenjang paud.
  2. 10GB disalurkan untuk peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  3. 15GB disalurkan untuk mahasiswa dan dosen.
  4. 12GB disalurkan untuk para tenaga pendidik.

Melansir laman Kemdikbud, keseluruhan bantuan kuota pada 2021 merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi kecuali yang diblokir oleh Kemenkominfo. Adapun situs yang tidak dapat diakses dengan kuota Kemdikbud, yaitu Twitter, Instagram, Facebook, dan TikTok.

Jadi, untuk Sobat Pio yang ingin mengakses situs-situs yang diblokir Kemenkominfo. Kalian harus membeli kuota internet secara pribadi. (RED_DS&FBY)

Sumber : https://mediamagelang.pikiran-rakyat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *