Hai Sobat Pio! Kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai Mandau, apasih Mandau itu? Mandau adalah senjata tradisional Suku Dayak yang berasal dari dua suku kata, yaitu “Man” yang berarti “makan” dan “Do” kependekan dari  kata “dohong” yaitu pisau belati dari Kalimantan Tengah. Jadi Mandau berarti makan dohong, yang maksudnya adalah popularitas Mandau. Secara filosofi Mandau mengalahkan dohong menyimbolkan ksatria, penjaga, tanggung jawab, dan juga kedewasaan.

Sebuah Mandau memiliki 2 bagian, yaitu sarung dan bilah. Sarung (kumpang) Mandau terbuat dari kayu yang dilapisi tanduk rusa dan biasanya dihiasi oleh ukiran, ukiran ini konon dipercaya dapat mengusir hewan buas. Bilah sendiri terbuat dari lempengan besi yang mempunyai ujung lancip. Banyak tetua adat Suku Dayak yang menyebut Mandau dengan sebutan Ambang. Secara bentuk, Mandau dan Ambang memang serupa, tetapi jika ditelisik lebih dekat, terdapat perbedaan yang sangat besar.  Tidak seperti Mandau, Ambang hanya terbuat dari besi biasa. Harga sebuah Mandau bisa mencapai puluhan juta rupiah tergantung kerumitan dan keindahan ukiran.

Sobat Pio tau ngga sih, kalau Mandau itu termasuk benda mistis? Nah, menurut keyakinan masyarakat Suku Dayak, Mandau memiliki ilmu Penyang (ilmu yang diwariskan oleh para leluhur), sehingga mereka tidak sembarangan mengeluarkan senjata tersebut. Konon, jika Mandau keluar dari sarungnya maka harus ada orang yang menjadi korban. Seperti pada saat terjadi masalah antara Suku Madura dan Dayak yang berada di Kalimantan, orang Dayak yang memiliki Mandau memberikan perintah agar Mandau tersebut memenggal kepala orang dari Suku Madura dan pantang kembali sebelum misi tersebut berhasil. Akibat perintah tersebut, banyak warga Madura yang meninggal karena kepalanya terpenggal dan lebih dari 100.000 orang kehilangan tempat tinggalnya. 

Jadi, apakah Sobat Pio percaya dengan kemistisan senjata tradisional yang satu ini? Atau bahkan diantara kalian ada yang memilikinya? Percaya atau tidaknya dengan Mandau yang mistis, sepertinya sebagai bangsa Indonesia kita juga cukup bangga dengan Mandau karena telah ikut berjuang dalam masa penjajahan. Bukan hanya Mandau, tapi senjata tradisional Indonesia lainnya yang saat itu masih sederhana juga mampu untuk mengusir para penjajah. Sampai disini ya artikel mengenai Mandau, semoga dapat menambah wawasan kalian. (RED_SHF)

Sumber : https://yoursay.suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *