Hai Sobat Pio! Apa kalian tau mengenai vaksin Covid-19 di Indonesia? Adanya vaksin Covid-19 adalah salah satu upaya dari pemerintah untuk menekan angka kasus Covid-19 yang meningkat. Meski masih dalam tahap uji klinis, keberadaan vaksin ini diharapkan dapat melindungi masyarakat Indonesia dari pandemi.
Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan jumlah vaksin yang harus diberikan adalah sebanyak 2 dosis per orang. Pemerintah menetapkan sasaran vaksinasi sebanyak 181.554.465 penduduk Indonesia yang dimulai sejak 13 Januari lalu. 60-70 persen dari total penduduk yang divaksin itu diharapkan bisa mencapai target herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus Corona. Seperti vaksin pada umumnya, vaksin Covid-19 juga menimbulkan efek samping. Efek samping vaksin Covid-19 tersebut merupakan respons tubuh ketika vaksin sedang menjalankan tugasnya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Namun kalian tak perlu khawatir, sebab efek samping vaksin Covid-19 yang muncul pada umumnya hanyalah efek samping ringan.
Beberapa orang melaporkan perasaan dingin tiba-tiba dengan menggigil atau gemetar disertai dengan kenaikan suhu tubuh dan berkeringat, sakit kepala seperti migrain, mual, nyeri otot, dan perasaan tidak enak badan. Hal ini dimulai dalam satu hari setelah mendapatkan vaksin dan biasanya berlangsung selama satu atau dua hari. Namun, jika kamu merasakan efek samping hingga berhari-hari setelah divaksin, segeralah hubungi dokter. Jika dalam kondisi baik saat divaksin, maka akan merasa lebih baik pula setelahnya.
Oleh karena itu, tetap patuhi protokol kesehatan dengan menerapkan physical distancing, mengenakan masker saat berada di luar rumah, rajin mencuci tangan, dan selalu menjaga daya tahan tubuh. Meski telah divaksin, tetap harus mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.
Perlu diingat Sobat Pio bahwa vaksin tidak mencegah Covid-19 secara mutlak. Setelah menerima vaksin, bukan berarti bisa berkumpul dan berpesta di tengah keramaian. Tetap hindari tempat ramai dan usahakan berada di rumah saja. Risiko penularan virus Corona masih tetap ada meskipun sudah menerima vaksin Covid-19. Jadi Sobat Pio, jagalah diri demi orang-orang yang kita sayangi. (RED_RSK)
Sumber: https://kesehatan.kontan.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *