Hai Sobat Pio! Meskipun sudah berganti tahun, Covid-19 tak kunjung hilang juga dari Indonesia. Memasuki tahun 2021, pasien positif Covid-19 semakin bertambah bahkan mencapai 10.000/hari lho. Hal ini membuat pemerintah mulai mengeluarkan road map program vaksinasi Covid-19.
Di awal tahun 2021, Presiden Jokowi telah mengumumkan bahwa pihaknya akan menargetkan program vaksinasi yang dimulai pada pertengahan Januari 2021. Vaksinasi ini merupakan upaya untuk segera menciptakan kekebalan komunitas atau herd immunity dalam masyarakat. Imunisasi diyakini menjadi salah satu cara untuk bisa menghentikan wabah pandemi sehingga pemulihan nasional bisa terwujud.
Kementerian Kesehatan RI menjelaskan bahwa jadwal vaksinasi Covid-19 2021 akan berlangsung dalam 4 tahapan atau periode. Vaksin Covid-19 diberikan pada mereka yang berusia di atas 18 tahun juga lho Sobat. Berikut ini jadwal vaksinasi Covid-19 2021 di Indonesia:
Periode 1 (Januari-April 2021)
Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap 1 adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang, serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes).
Periode 2 (Januari-April 2021)
Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap 2 adalah:
1. Petugas pelayanan publik, yaitu TNI/Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya yang meliputi petugas di bandara, pelabuhan, stasiun, terminal, perbankan, perusahaan listrik negara, dan perusahaan daerah air minum, serta petugas lain yang terlibat secara langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat.
2. Kelompok dengan usia lanjut (di atas 60 tahun).
Periode 3 (April 2021-Maret 2022)
Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap 3 adalah masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.
Periode 4 (April 2021-Maret 2022)
Sasaran vaksinasi tahap 4 adalah masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan klaster sesuai dengan ketersediaan vaksin.
Jadwal vaksinasi Covid-19 2021 yang pertama akan dilakukan tanggal 13 Januari 2021. Dikabarkan bahwa Bapak Presiden Joko Widodo dan sederet menteri yang akan menerima suntikan vaksin Covid-19 terlebih dahulu. Bagi Sobat Pio yang masih berumur di bawah 18 tahun mohon bersabar ya, karena vaksin Covid-19 untuk yang berusia 18 tahun ke bawah masih dalam pengembangan. Maka dari itu, tetap stay at home, makan makanan yang bergizi, dan berolahraga agar imun tubuh kita semakin kuat. Jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku ya Sobat Pio! (RED_NM&NNU)
Sumber : health.detik.com 5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *