Hai Sobat Pio! Apa kalian tau mengenai jaringan 5G yang sudah ada di Indonesia? Jaringan internet 5G sudah secara resmi diluncurkan di Indonesia pada Kamis, 27 Mei 2021. Jaringan 5G merupakan generasi kelima dari teknologi seluler nirkabel. Jaringan 5G hadir menggantikan 4G yang merupakan jaringan utama untuk perusahaan seluler dan produsen telepon saat ini.
Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Tanah Air yang menggelar layanan 5G secara komersial dengan jaringan frekuensi 2,3 GHz. Selain Telkomsel, operator seluler yang siap merilis layanan 5G secara komersial adalah Smartfren. Seperti Telkomsel, Smartfren juga menjadi pemenang lelang frekuensi 2,3 GHz untuk jaringan 5G yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) beberapa waktu lalu.
Walaupun masih ada kekurangan atau keterbatasan dari sisi layanan, internet 5G menjanjikan kecepatan yang jauh lebih cepat dari pada internet 4G LTE. Layanan 5G disebut mampu mendorong ekonomi global hingga USD 13,1 triliun pada 2035. Tidak hanya itu, 5G juga diprediksi mampu menghasilkan sekitar 22,8 juta pekerjaan baru pada 2035. Pemanfaatan 5G berimbas pada beragam industri, seperti transportasi, penambangan, properti, hingga prosedur medis.
Saat ini cakupan internet 5G masih sangat terbatas. Pengguna yang ingin menikmati internet 5G harus memiliki perangkat yang kompatibel. Layanan 5G bukan hanya sebagai pemenuhan akselerasi transformasi digital, tapi jauh lebih bermanfaat lagi. Kehadiran layanan 5G Telkomsel membuktikan kepada dunia luar bahwa Indonesia tidak tertinggal dalam urusan teknologi baru.
Sebagai permulaan, layanan 5G Telkomsel baru akan tersedia di beberapa wilayah, khususnya di daerah residensial di DKI Jakarta dan Tangerang Selatan, yaitu Alam Sutera, Bumi Serpong Damai (BSD), Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk (PIK), Pondok Indah, dan Widya Chandra. Selain keenam wilayah itu, Telkomsel juga berencana untuk menghadirkan layanan 5G di wilayah lain secara bertahap. Adapun wilayah lain yang tercakup layanan 5G Telkomsel adalah GraPARI Bandara Soekarno Hatta, GraPARI Pemuda Surabaya, GraPARI Pettarani Makassar, GraPARI Renon Bali, GraPARI Batam Center, GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Solo, GraPARI Balikpapan, Telkom University (Bandung), dan Institut Teknologi Bandung.
Nah, itu tadi beberapa penjelasan mengenai jaringan 5G. Adanya jaringan 5G di Indonesia diharapkan dapat memberikan dampak yang besar pada masyarakat dan industri. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di edisi selanjutnya. (RED_RSK)
Sumber: https://m.liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *