Hai Sobat Pio! Setiap tanggal 10 Zulhijah, seluruh umat Muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha atau biasa disebut Hari Raya Kurban. Dalam sejarah Islam, Hari Raya Kurban terjadi ketika Nabi Ibrahim AS mengalami mimpi yang terus berulang. Di dalam mimpi tersebut, Allah SWT memberikan perintah kepada Nabi Ibrahim AS untuk menyembelih putra kesayangannya, yaitu Ismail. Untuk tahun ini, 10 Zulhijah jatuh pada tanggal 20 Juli 2021.

Rangkaian ibadah Idul Adha dimulai sejak malam sebelum hari 10 Zulhijah, yakni dengan melafalkan takbir dan mengumandangkannya di masjid, musala, atau rumah masing-masing. Kemudian, pada 10 Zulhijah pagi, umat Islam akan melaksanakan salat Idul Adha, salat sunah dua rakaat yang digelar secara berjemaah di masjid, lapangan, maupun tempat terbuka lainnya yang dapat menampung jemaah dalam jumlah banyak. Kemudian, setelah salat Idul Adha dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban yang sudah disiapkan. Selain melaksanakan salat Id dan menyembelih hewan kurban, umat Islam juga dianjurkan agar melakukan sejumlah amalan sunah lain saat Idul Adha, yaitu:

  1. Membaca dan mengumandangkan takbir

Membaca takbir bisa dilakukan pada malam Hari Raya Idul Adha, dari mulai tenggelamnya matahari hingga sebelum imam salat Id naik ke mimbar untuk memulai khotbah salat Id. Umat Islam juga disunahkan untuk mengumandangkan takbir setelah salat Idul Adha hingga saat waktu Asar pada tanggal 13 Zulhijah.

  1. Mandi sebelum salat Idul Adha

Waktu sunah untuk mandi, yakni pada dini hari sebelum Subuh atau setelah salat Subuh pada tanggal 10 Zulhijah. Namun, yang lebih utama adalah mandi sesudah Subuh di hari Idul Adha agar badan dalam kondisi bersih dan segar sebelum berangkat menunaikan salat Id.

  1. Memakai wangi-wangian

Memakai wangi-wangian, memotong rambut, memotong kuku, serta menghilangkan bau tidak sedap dilakukan untuk mendapatkan keutamaan pada Hari Raya Idul Adha.

  1. Memakai pakaian yang paling baik

Menggunakan pakaian terbaik, bersih, dan suci sangat dianjurkan pada saat Idul Adha. Namun, pakaian yang bersih dan suci juga sudah cukup.

  1. Makan setelah salat Idul Adha

Tidak makan dari fajar sampai dengan selesai salat Idul Adha juga merupakan amalan sunah yang baik dilakukan di Hari Raya Idul Adha.

Nah, itulah beberapa amalan sunah di Hari Raya Idul Adha yang bisa kalian lakukan. Berbagai amalan sunah Idul Adha tersebut memiliki berbagai keutamaan yang tentunya akan membuat kalian sangat rugi jika tidak melaksanakannya. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa di edisi selanjutnya. (RED_ASA)

Sumber: www.liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *