Hai Sobat Pio! Bagaimana kegiatan belajar kalian di masa pandemi ini? Pastinya lebih mudah diatur karena dilakukan dengan daring bukan? Menurut, menghormati, dan menghargai percakapan di dalam kelas online juga dipengaruhi oleh karakter pelajar. Itu semua hasil mereka belajar dari pendidikan karakter mereka. Nah, artikel ini membahas tentang pentingnya pendidikan karakter untuk anak, tujuan, dan fungsi dari pendidikan karakter.

Di dalam dunia pendidikan, karakter adalah salah satu hal yang harus diperhatikan oleh kita semua. Karakter adalah salah satu modal pembentuk pribadi yang baik, bijaksana, bertanggung jawab, jujur, dan menghargai satu sama lain. Agar dapat mengetahui lebih dalam terkait pendidikan karakter, lebih baik kita mengetahui arti dari pendidikan dan karakter terlebih dahulu. Secara singkat pendidikan adalah proses pembelajaran pengetahuan, kebiasaan, dan keterampilan dari diri manusia yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui proses sosialisasi. Karakter adalah sifat atau watak, akhlak ataupun kepribadian dari seseorang yang mereka pelajari dimasa kehidupan mereka. Keberadaan karakter merupakan fondasi dari soft skill yang justru lebih menunjang tingkat kesuksesan seseorang dalam hidupnya kelak. Hal ini adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap manusia dan harus dibangun terus menerus agar menjadi lebih baik.

Pendidikan karakter secara formal adalah pendidikan yang sistematis dan terencana untuk mendidik, memberdayakan, dan mengembangkan peserta didik agar dapat maksimal dalam membangun karakter secara pribadi. Sehingga, individu dapat tumbuh menjadi individu yang bisa memberikan manfaat bagi dirinya sendiri,  keluarga, bangsa, dan negara. Pendidikan karakter bertujuan untuk membangun dan membentuk penyempurnaan diri secara komprehensif, guna membentuk kemampuan diri individu. Pendidikan karakter mengharuskan masyarakat untuk memperdalam nilai-nilai utama yakni nasionalis, mandiri, religius, integritas, dan saling membantu atau gotong royong.

Penguatan pendidikan karakter ini digalakkan karena perkembangan zaman serta teknologi yang semakin cepat. Sehingga, perlu penguatan dari dalam diri individu agar dapat terus berkembang tanpa adanya distorsi terhadap kebudayaan asli Indonesia. Pendidikan karakter juga menjaga agar pribadi bangsa tetap dalam karakter bangsa Indonesia. Ketika tingkat moral dan karakter individu rendah akan menyebabkan individu tersebut dapat berbuat kerusakan. Mereka akan melakukan apapun yang mereka mau tanpa mempedulikan lingkungan sekitar. Maka dari itu, sangatlah penting bagi lingkungan sekolah untuk menekankan pendidikan karakter dengan baik dan efisien. Sehingga, menghasilkan lulusan yang cerdas, berkeilmuan tinggi, rendah hati, dan peduli dengan lingkungan.

Secara umum, fungsi dari pendidikan karakter di sekolah adalah untuk membentuk karakter dan kepribadian seseorang sehingga menjadi orang yang memiliki nilai moral yang tinggi, tinggi toleransi, berperilaku baik, dan berakhlak mulia. Guru adalah penanggung jawab terbentuknya siswa yang akan menjadi manusia dewasa di kemudian hari. Nah, Sobat pio sekarang kalian sudah tahukan bagaimana pentingnya pendidikan karakter untuk anak. Semoga  artikel ini bermanfaat. (RED_TNZ)

Sumber: https://www.ruangguru.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *