Hai Sobat Pio! Apakah kalian tahu tentang inovasi pendidikan? Inovasi pendidikan adalah inovasi dalam bidang pendidikan atau inovasi untuk memecahkan masalah pendidikan. Jadi, inovasi pendidikan adalah suatu ide, barang, metode yang dirasakan atau diamati sebagai hal yang baru bagi seseorang atau kelompok orang (masyarakat), baik berupa hasil intervensi (penemuan baru) atau discovery (baru ditemukan orang) yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan atau memecahkan masalah pendidikan nasional.
Tahun ini merupakan saat yang tepat untuk berbagai macam inovasi berkembang. Perkembangan inovasi dapat menguatkan kebutuhan inovasi dalam berbagai macam sektor, salah satunya sektor pendidikan memiliki potensi besar dalam perkembangan inovasi pendidikan yang metode pembelajarannya dapat memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kolaborasi antara inovasi dan teknologi dapat sangat membantu untuk belajar lebih banyak dan lebih baik tentang banyak hal. Misalnya, belajar bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, dan bahasa asing lainnya. Dengan bantuan teknologi, kamu bisa mendengarkan cara pengucapan kosakata kamus bahasa Inggris atau bahasa lain yang sedang dipelajari.
Salah satu komponen yang paling berperan dalam memberikan inovasi pendidikan di Indonesia adalah pemerintah. Pemerintah Indonesia harus mengetahui segala permasalahan yang ada di dunia pendidikan dengan menciptakan inovasi berdasarkan masalah yang ada di lapangan, karena pemerintah punya wewenang dalam memberikan keputusan hingga pembuatan sistem pendidikan. Hal ini akan lebih mudah dalam penerapan inovasi pendidikan, karena setiap instansi sekolah akan mengikuti setiap arahan dan keputusan dari pemerintah pusat. Cara ini disebut dengan top down innovation, di mana keputusan pemerintah adalah hal yang mutlak dan harus diikuti semua instansi.
Selain itu, dalam inovasi pendidikan terkadang tidak harus menunggu keputusan dari pemerintah. Pihak sekolah bisa memulai dengan hal kecil agar inovasi pendidikan dapat terwujud. Demi memecahkan masalah pendidikan yang ada di lingkungannya, jajaran petinggi sekolah terkadang mencari cara agar permasalahan sekolah mereka bisa terselesaikan, tanpa harus menunggu keputusan dari pemerintah. Seperti dalam hal memberikan materi pelajaran, tak sedikit instansi sekolah mengubah metode mereka dalam mengajar, tentunya tetap dengan tujuan yang sama dan tidak menyalahi aturan pemerintah. Cara seperti ini disebut bottom up innovation. Karena terlalu lama menunggu keputusan dari pemerintah pusat, pihak sekolah mengambil keputusan untuk merubah metode pembelajaran tentunya dengan kesepakatan semua elemen yang ada di sekolah.
Nah, itu tadi sedikit penjelasan mengenai inovasi pendidikan. Pada intinya, inovasi pendidikan diperlukan untuk mengurangi masalah yang ada di sekolah. Pastinya sekolah dan pendidik harus siap dengan segala kemungkinan, dan selalu berinovasi mencari solusi di setiap permasalahan pendidikan. Sekian artikel hari ini, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di edisi selanjutnya. (RED_RSK)
Sumber: HYPERLINK “https://pintek.id” https://pintek.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *