Hai Sobat Pio! Kalian tau apa itu croffle? Masyarakat Indonesia kini tengah menggemari jajanan croffle yang viral di media sosial. Camilan ini mulai viral setelah seorang penyanyi asal Korea Selatan, Kang Min-Kyung menyukainya. Dalam sebuah video yang beredar luas di media sosial, Kang Min-Kyung tampak menunjukkan dapur rumahnya dan croffle sebagai kudapan favoritnya.

Padahal, croffle sendiri sudah populer di street food Korea Selatan pada pertengahan tahun 2020. Namun, kini cita rasa croffle yang gurih, manis, dan renyah turut digemari masyarakat Indonesia. Tak heran makanan tersebut langsung viral di media sosial dan banyak diburu masyarakat. Bahkan, masyarakat rela antre panjang untuk mendapatkan croffle.

Menurut Tasyi Athasyia, salah seorang food vlogger ternama di Indonesia, croffle ialah camilan berbahan dasar adonan croissant yang dimasak dengan menggunakan alat pencetak waffle. Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat adonan croissant yakni tepung, garam, air dingin, butter, gula, ragi, dan susu.  Tak hanya itu, adonan croissant juga perlu disimpan ke dalam lemari es karena sensitif terhadap temperatur. Hal ini berguna supaya adonan ragi tidak cepat aktif serta butter tidak cepat leleh.

Croffle merupakan gabungan dari croissant dan waffle. Croissant biasanya berbentuk bulan sabit, sedangkan waffle beraneka bentuk sesuai cetakannya. Croffle adalah gabungan keduanya, yakni dengan adonan croissant yang tidak dipanggang melainkan dipress dengan menggunakan alat cetakan waffle.

Makanan jenis pastry ini pertama kali ditemukan oleh Louise Lennox, koki asal Dublin, Irlandia. Lennox lantas mengembangkan idenya dan mulai menjual croffle pada tahun 2017 di sebuah kafe bernama La Petite Boulangerie milik Cuisine de France yang berlokasi di pusat kota Dublin. Croffle biasanya disajikan sebagai hidangan penutup karena memiliki cita rasa manis atau gurih dengan tambahan berbagai topping. Lennox dan Cuisine de France lalu mengembangkan croffle dengan aneka topping, seperti memberi isian alpukat, tomat manis, krim keju feta, dan taburan remukan hazelnut panggang atau gremolata.

Apakah kalian tertarik untuk mencoba camilan yang lagi viral ini? Nah Sobat Pio, sekarang terjawab sudah apa itu croffle, camilan kekinian yang sedang diburu banyak orang. Sekian artikel hari ini, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di edisi selanjutnya. (RED_TSN)

Sumber:  https://www.suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *