Hai Sobat Pio! Kalian tahu nggak sih apa itu IPTEK? IPTEK adalah kata yang digunakan untuk menyebut sebuah perkembangan teknologi atau ilmu pengetahuan yang merupakan akronim dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam perkembangan global, ilmu pengetahuan dan teknologi berjalan beriringan membentuk sebuah kemajuan. Ilmu pengetahuan mencakup studi sistematis tentang struktur dan perilaku dunia fisik dan alam melalui pengamatan dan eksperimen. Sementara teknologi adalah penerapan pengetahuan ilmiah untuk tujuan praktis.
Manfaat yang paling terlihat dari IPTEK adalah membuat hidup lebih mudah. Ilmu pengetahuan telah memberi manusia kesempatan untuk mengejar masalah sosial, seperti etika, estetika, pendidikan, dan keadilan, untuk menciptakan budaya, serta untuk memperbaiki kondisi manusia. Ilmu pengetahuan kemudian menciptakan teknologi canggih yang bisa mempermudah pekerjaan manusia. Nah, apa sih manfaat dari IPTEK dalam sejumlah bidang?
a. Manfaat di dunia telekomunikasi
Manfaat teknologi informasi di dunia telekomunikasi sebenarnya sudah lama dirasakan publik, bahkan terus mengalami kemajuan. Penerapan teknologi informasi membuat proses lebih cepat dengan menghadirkan telepon maupun ponsel genggam, sehingga hanya diperlukan hitungan detik bagi kita untuk mengirimkan pesan.
b. Manfaat di bidang Pendidikan
Di bidang pendidikan, manfaat teknologi informasi hadir dalam berbagai bentuk. Dari pengolahan data dengan komputer, e-learning, dan pengerjaan tugas berbasis IT. Dampaknya pun semakin terasa di masa pandemi seperti sekarang. Karena Kegiatan Belajar Mengajar tidak bisa dilakukan secara langsung untuk sementara waktu, kita hanya bisa mengandalkan teknologi bagi pengajar hingga siswa.
c. Manfaat di bidang Kesehatan
Peran teknologi informasi dalam bidang kesehatan berjasa dalam memperbaiki manajemen klinik hingga rumah sakit. Jika dulu staf harus mencatat riwayat kesehatan pasien secara manual dalam berkas, sekarang mereka dapat mengarsipkan semuanya di komputer. Selain itu, jika staf ingin mencari ruangan atau rincian biaya, staf dapat melakukan pencarian lebih cepat dengan memasukkan data seperti nama pasien untuk mengakses database.
Akan tetapi, dari begitu banyak manfaat yang kita dapatkan dari mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi, juga banyak dampak negatif yang terjadi karena kemajuan IPTEK. Salah satu dampak negatifnya ialah merosotnya moral manusia, terlebih pada usia remaja. Hal tersebut dapat kita lihat dan kita dengarkan sendiri saat ini, berbagai macam kenakalan dan tindak kriminal yang terjadi dalam lingkungan masyarakat yang pelakunya adalah remaja penerus bangsa.
Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang manfaat IPTEK dalam berbagai bidang, kita semua harus menghindari dampak-dampak negatif IPTEK tersebut, karena semakin canggihnya sebuah teknologi pasti memiliki dampak yang negatif juga terhadap kehidupan. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. (RED_FBA)
Sumber : https://m.liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *