Hai Sobat Pio! Kehidupan manusia pada era sekarang ini berkembang sangat pesat. Hal tersebut terlihat dari banyaknya media baru yang kini mulai muncul dan diminati oleh masyarakat luas, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Contoh media baru yang muncul dan saat ini berkembang dengan pesat di Indonesia yaitu TikTok, Instagram, Youtube, dan lain-lain. Namun, di antara berbagai media baru tersebut, media yang kini sedang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia adalah TikTok.

Aplikasi yang berasal dari China itu akhir-akhir ini mulai diminati oleh kebanyakan masyarakat Indonesia, karena aplikasi ini memiliki berbagai fitur, antara lain adalah musik, stiker, efek, pengubah suara, filter, dan lain sebagainya. TikTok berfungsi sebagai hiburan, digital marketing, dan sebagai informasi. Fitur dan fungsi tersebut membuat aplikasi ini termasuk dalam lima aplikasi teratas di Google Play Store dan App Store.

Aplikasi ini tidak hanya mengandalkan fungsi dan fitur yang mereka punya saja, tetapi juga mengajarkan kita agar memiliki jiwa yang kreatif dan inovatif. Generasi milenial saat ini akan menggunakan berbagai cara sekreatif mungkin untuk membuat konten TikTok yang berbeda dari yang lainnya. Tidak hanya kaum milenial saja yang menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia yang berasal dari berbagai kalangan dan usia. Pengguna aplikasi ini bukan hanya yang berasal dari kalangan biasa saja, bahkan para youtuber, artis, selebgram, dan influencer pun mulai ikut meramaikan untuk memainkan dan membuat video sekreatif mungkin dengan TikTok mereka, mulai dari menggunakan TikTok untuk memperbanyak konten hingga untuk mengasah kreativitas mereka.

TikTok memiliki dampak positif dan negatif juga,dampak positifnya yaitu:
1. Dapat mendorong kreativitas seseorang dalam membuat suatu karya.
2. TikTok merupakan sebuah platform membuat video dengan efek spesial dan unik dengan mudah.
3. Dapat melatih untuk mengasah skill editing video.

TikTok juga memiliki dampak negatif, di antaranya:
1. Secara tidak langsung, TikTok menjadi penyebab adanya beberapa remaja dan anak-anak yang bergoyang tidak wajar.
2. Membuat video yang tidak sewajarnya.
3. Ada beberapa video yang tidak pantas ditonton untuk remaja dan anak-anak.
Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang TikTok dan dampak penggunaannya. Kita harus bisa lebih pandai dalam menggunakan teknologi di era sekarang ini. Gunakanlah teknologi dengan sebaik-baiknya dan bijaklah dalam memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di edisi selanjutnya. (RED_ASA)

Sumber: www.kumparan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *