Hai Sobat Pio! Pernah dengar apa itu kesehatan mental tidak? Nah, kali ini aku bakal kasih tau apa yang namanya kesehatan mental. Kesehatan mental dipengaruhi oleh peristiwa dalam kehidupan yang berdampak besar pada kepribadian dan perilaku seseorang. Peristiwanya berupa kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan anak, dll. Kalau kesehatan mentalnya terganggu, akan timbul gangguan mental yang dapat mengubah seseorang dalam menghadapi sesuatu seperti menyakiti diri sendiri. Gangguan mental umumnya seperti depresi, kecemasan, psikosis.

Gejala yang biasa bermunculan adalah berteriak atau berkelahi, halusinasi, kehilangan kemampuan berkonsentrasi, kecemasan, perasaan bersalah yang selalu menghantui. Perempuan lebih memiliki resiko tinggi mengidap depresi dan kecemasan. Sedangkan laki-laki memiliki resiko mengidap ketergantungan zat dan antisosial yang bisa ditangani oleh dokter dengan cara  psikoterapi yakni terapi berbicara yang memberikan media yang aman untuk pengidap dalam pengontrol perasaan dan meminta saran yang dinamakan psikiater.

Penyebab kesehatan mental antara lain cedera kepala, faktor genetik atau terdapat riwayat pengidap gangguan mental dalam keluarga. Kekerasan dalam rumah tangga atau pelecehan lainnya, Kekerasan pada anak atau riwayat kekerasan pada kanak-kanak memiliki kelainan senyawa kimia otak atau gangguan pada otak.

Dokter ahli jiwa atau psikiater akan mendiagnosis suatu gangguan mental dengan diawali suatu wawancara medis dan wawancara psikiatri lengkap mengenai riwayat perjalanan gejala pada pengidap serta riwayat penyakit pada keluarga pengidap. Kemudian, dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik yang menyeluruh untuk mengeliminasi kemungkinan adanya penyakit lain. Jika diperlukan, dokter akan meminta untuk dilakukan pemeriksaan penunjang, seperti pemeriksaan fungsi tiroid, skrining alkohol dan obat-obatan.  Kalau ada kemungkinan adanya penyakit lain sudah dieliminasi, dokter akan memberikan obat, dan rencana terapi untuk membantu mengelola emosi pengidap. Beberapa pilihan pengobatan yang akan dilakukan dokter dalam menangani gangguan mental, antara lain psikoterapi beserta perawatan dengan menggunakan , obat- obatan merupakan cara yang efektif untuk mengobati penyakit mental. Beberapa contoh psikoterapi antara lain cognitive behavioral therapy, exposure therapy , dialectical behavior therapy.

Pemberian obat-obatan untuk mengobati penyakit mental umumnya bertujuan untuk mengubah senyawa kimia di otak. Obat-obatan tersebut berupa golongan selective sorotonin reuptake inhibitor (SSRI), serotonin-norepinephrine reuptake inhibitor (SNRI), dan antidepresan trisiklik. Obat-obatan  ini umumnya dikombinasikan dengan psikoterapi untuk hasil pengobatan yang lebih efektif. Demikian artikel tentang kesehatan ini semoga bermanfaat bagi Sobat Pio.(RED_DAK).

 

Sumber: hallodoc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *