Hai Sobat Pio! Akhir-akhir ini kacamata photocromic menjadi trend dikalangan anak muda sampai orang tua. Apa sih kacamata photocromic itu? Kacamata photocromic adalah jenis kacamata dengan lensa transisi adaptif terhadap cahaya, sehingga berubah dalam hitungan detik ketika berada di bawah paparan sinar matahari. Kacamata ini terlihat transparan saat di dalam ruangan, namun saat di luar ruangan akan berubah warna menjadi abu-abu atau hitam sesuai dengan paparan sinar matahari, fungsinya untuk melindungi indra penglihatan dari efek radiasi ultraviolet. Dapat diketahui, paparan radiasi ultraviolet dari sinar matahari yang berlebihan dapat merusak bagian kornea dan konjungtiva mata. Akibatnya bisa menyebabkan penyakit katarak dan kanker mata.

Menurut American Academy of Ophthalmology, lensa photocromic sudah ditemukan sejak beberapa tahun lalu. Dulunya, lensa kacamata ini memiliki warna abu-abu saja. Seiring dengan perkembangan teknologi, lensa photocromic tersedia berbagai macam warna. Lensa tersebut awalnya dibuat dari perak klorida dan sekarang dibuat dengan pewarna khusus yang dapat bereaksi saat terkena sinar matahari. Kacamata photocromic biasanya tidak bisa menjadi gelap saat berada di dalam kendaraan. Hal itu disebabkan kaca depan kendaraan menghalangi sebagian besar sinar matahari yang masuk. Akhirnya pabrik memproduksi kacamata yang tetap aktif saat digunakan di dalam kendaraan. Berikut ini ada beberapa manfaat lensa photocromic yang bisa kalian amati.

1. Membantu mata lebih rileks

Lensa transisi photocromic memaksimalkan penerimaan cahaya, sehingga bisa membantu mengurangi mata lelah dan kering.

2. Adaptasi dengan sinar

Menggunakan kacamata ini dapat membantu adaptasi terhadap sinar, contohnya sinar yang ditimbulkan dari komputer.

3. Stylish

Bagi yang suka bergaya, kacamata ini sangat cocok untuk digunakan. Desain dari kacamata juga cukup menarik dan keren.

Nah, itu tadi beberapa penjelasan mengenai kacamata photocromic. Ada banyak sekali jenis kacamata, namun tidak semua jenis kacamata memiliki fungsi yang efektif. Untuk kacamata photocromic ini menjadi pilihan yang tepat, karena terasa nyaman saat digunakan. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu di edisi selanjutnya. (RED_SSS)

Sumber : https://www.m.wibloog.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *