Hai Sobat Pio, besok udah hari raya lagi nih. Yups, Hari Raya Idul Adha 1441 H yang jatuh pada tanggal 31 Juli 2020. Tapi karena Covid-19, Idul Adha kali ini berbeda dengan sebelumnya. Terus gimana dong suasana Idul Adha kali ini? Apa aja sih yang beda? untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

Idul adha adalah hari raya umat Islam yang diperingati sebagai peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan putranya untuk disembelih. Kemudian Allah SWT menggantikan putra nabi Ibrahim dengan seekor domba untuk disembelihnya. Hari Raya ini bertepatan dengan pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci, yaitu pada bulan Dzulhijjah.

Perbedaan Idul Adha tahun ini lumayan banyak.  Mulai dari pelaksanaan ibadah haji, sholat Idul Adha, dan penyembelihan kurban. Tahun ini Arab Saudi membatasi jumlah jemaah haji dan juga menutup Masjidil Haram saat Hari Arafah dan Hari Raya Idul Adha. Sedangkan di Indonesia, menurut fatwa MUI pelaksanaan Idul Adha Tahun ini harus sesuai protokol kesehatan dan peraturan perundang – undangan.

Pelaksanaan salat Idul Adha harus sesuai dengan protokol kesehatan, pengurus atau penyelenggara harus menyediakan keperluan seperti sabun dan air untuk cuci tangan, serta menghimbau masyarakat untuk menggunakan masker dan tetap jaga jarak.

Untuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, panitia kurban menghimbau  kepada umat Islam yang tidak terkait langsung dengan proses pelaksanaan kurban supaya tidak berkerumun menyaksikan proses pemotongan hewan.

“Pemerintah memfasilitasi pelaksanaan protokol kesehatan dalam menjalankan ibadah kurban agar dapat terlaksana sesuai dengan ketentuan syari’at Islam dan terhindar dari potensi penularan Covid-19,” demikian tertulis dalam bagian lain fatwa tersebut.

Ibadah kurban juga dapat dilakukan dengan cara taukil, yaitu orang yang ingin berkurban memberikan sejumlah uang untuk membeli hewan kurban, merawat, meniatkan, menyembelih, dan membagikan daging kurban. Tetapi kita juga harus mempercayakannya kepada lembaga atau seseorang yang bisa dipercaya dan sesuai syari’at.

Jadi, pembahasan kali ini hanya seputar itu ya Sobat Pio. Jangan lupa untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan dan mematuhi himbauan pemerintah ya. Selamat Hari Raya Idul Adha, semoga kita terhindar dari sifat hewani dan senantiasa taat pada Allah Swt. (RED_MNR&SBI)

 

 

Sumber : https://m.bisnis.com

https://amp.kompas.com

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *