Hai Sobat Pio! Pada kali ini kita akan membahas mengenai Mental Disorder. Pasti Sobat Pio bertanya-tanya kan, apasih Mental Disorder itu? Atau mungkin baru saja mendengar istilah itu. Oke Sobat Pio, yuk simak artikel berikut ini.
Mental Disorder adalah kumpulan masalah kejiwaan yang memengaruhi bagaimana cara berpikir, merasa, dan berperilaku. Jadi, penderita Mental Disorder sering mengalami perubahan mood yang esktrem. Pendapat mereka tentang orang lain juga bisa berubah begitu cepat. Contohnya, seseorang yang dianggap sebagai teman pada hari ini bisa saja dianggap sebagai musuh keesokan harinya, wah serem juga ya! Kondisi ini juga berdampak buruk pada pola hubungan sosial. Penyebabnya pun beragam misalnya, pernah mengalami trauma berlebihan, faktor lingkungan seperti mengalami kekerasan pada lingkungan keluarga, dan bisa juga mengalami cedera otak ataupun faktor genetik.
Gejala orang yang menderita Mental Disorder antara lain, merasa takut ditinggalkan atau dikucilkan, mengalami perubahan terhadap citra diri, melakukan kegiatan yang membahayakan diri sendiri, mudah marah dan cenderung susah mengendalikan emosinya, dan yang terakhir selalu curiga serta tidak percaya terhadap orang di sekitarnya. Bahaya juga sih kalo seperti itu, karena dengan tidak sengaja bisa melukai diri sendiri ataupun orang lain. Pengobatan yang dapat dilakukan bagi penderita Mental Disorder yaitu melalui psikoterapi dan mengonsumsi obat-obatan. Beberapa obat-obatan yang digunakan untuk penderita Mental Disorder antara lain, anti depresan, penstabil mood, obat antipsikotik, dan obat anti cemas. Nah, dibawah ini beberapa cara yang bisa dilakukan seseorang penderita Mental Disorder :
1. Melakukan kegiatan positif untuk menghindari stress seperti berolahraga, berkebun, dan aktivitas lainnya yang disukai.
2. Menghindari obat-obatan berbahaya dan alkohol, karena itu dapat memperburuk keadaan.
3. Mempelajari kondisi diri sendiri.
4. Mengonsumsi obat sesuai resep dokter.
5. Melakukan perawatan medis secara rutin.
Wah, ternyata menderita Mental Disorder itu bahaya ya Sobat Pio. Untuk itu, kita harus selalu berpikir positif dan jangan sampai stress. Alangkah baiknya dikala pandemi seperti ini selalu menjaga kesehatan dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kita semua. (RED_NNU&NMH)
Sumber : www.gooddoctor.co.id dan www.hellosehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *