Hai sobat pio kue nastar menjadi satu diantara suguhan atau hidangan yang wajib hadir di meja saat hari raya Idul Fitri. Dengan teksturnya yang renyah, gurih dan manis serta lumer di mulut selalu menjadi pilihan. Nah sobat pio juga bisa membuat kue nastar yang lezat dengan tekstur renyah, gurih dan lembut loh.Berikut ini adalah resep kue nastar keju yang lembut dan anti gagal yang bisa sobat pio terapkan di rumah.
Bahan selai:
300 gr gula pasir , 1 buah nanas muda ,1 potong kecil kayu manis ,3 buah cengkeh.
Bahan adonan:
4 butir kuning telur ,500 gram margarin ,400 gram tepung terigu protein rendah ,100 gram tepung maizena ,100 gram gula halus ,1 sendok makan ekstrak vanilla ,100 gram keju Edam (keju bola), parut.
Bahan olesan:
2 butir kuning telur ,Pewarna kuning gelap secukupnya.
Cara membuat selai:
Kupas nanas hingga bersih, lalu parut kasar.Panaskan wajan antilengket dengan api kecil, masukkan nanas yang sudah diparut. Aduk hingga kandungan airnya mulai berkurang.Masukkan gula pasir, kayu manis, dan cengkeh. Aduk kembali hingga air menguap dan tekstur mengental. Pastikan kandungan air hampir hilang dan selai bertekstur sedikit padat.Bulat-bulatkan selai dengan ukuran sesuai selera.

Cara membuat adonan:
Kocok margarin dan gula halus dengan mixer dengan kecepatan rendah selama satu menit, masukkan kuning telur ayam satu persatu. Kocok kembali hingga seluruh bahan rata selama maksimal dua menit. Matikan mixer, sisihkan.Dalam wadah terpisah, aduk tepung terigu dan tepung maizena hingga rata, selanjutnya ayak sampai tidak ada yang menggumpal.Masukkan tepung ke dalam adonan mentega secara bertahap. Aduk adonan hingga rata menggunakan spatula. Setelah rata, masukkan keju Edam yang sudah diparut. Aduk kembali hingga rata.Selanjutnya bentuk adonan berupa bulatan dengan ukuran sesuai selera, pipihkan adonan, isi dengan selai nanas.Bulatkan kembali adonan dan letakkan dalam loyang yang sudah diolesi mentega atau dilapisi kertas roti. Lakukan langkah ini hingga seluruh adonan habis.Panaskan oven dengan suhu 160 derajat Celcius, masukkan loyang ke dalam oven. Panggang selama kurang lebih 15 menit.Selagi menunggu, kita siapkan bahan olesannya. Kocok lepas dua butir kuning telur yang sudah ditetesi pewarna makanan kuning. Setelah 15 menit, keluarkan loyang dari dalam oven, olesi permukaan nastar dengan kuning telur.Masukkan kembali ke dalam oven dan panggang selama kurang lebih 20 menit atau sampai adonan kering.
Itulah resep kue nastar keju yang lembut dan enak tentunya mudah untuk sobat pio praktikkan sendiri di rumah. Gak sulit, kan? Selamat mencoba!. (RED_RDY)

Sumber : https://jateng.idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *