Hai Sobat Pio. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga Sobat Pio selalu diberi kesehatan ya. Sobat Pio ingat tidak tanggal 17 Mei kemarin adalah Hari Buku Nasional (Harbuknas)? Sobat Pio tau gak sih apa itu Hari Buku Nasional? Hari Buku Nasional merupakan perayaan untuk memperingati pentingnya budaya membaca. Perayaan tersebut juga sebagai pemicu agar minat baca masyarakat Indonesia semakin meningkat dan menaikkan penjualan buku.

Tepat 18 tahun yang lalu, 17 Mei 2002 merupakan pertama kalinya diperingati Hari Buku Nasional (Harbuknas). Peringatan ini sekaligus untuk memperingati peresmian Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada tanggal 17 Mei 1980. Tujuan utama diperingatinya Hari Buku Nasional adalah untuk menumbuhkan budaya minat baca di kalangan masyarakat Indonesia. Karena menurut survey UNESCO, pada tahun 2011 minat baca masyarakat Indonesia tergolong rendah. Oleh karena itu, pemerintah terus berusaha untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui sejumlah kebijakan yang dikeluarkan.

Nah Sobat Pio, maka dari itu mulai sekarang kita sebaiknya lebih meningkatkan minat membaca. Sobat Pio tau gak kalau membaca itu penting dan dengan membaca dapat membuat kita lebih merasa tenang? Misalnya, saat kita banyak pikiran/stres kita lebih baik membaca novel karena dengan membaca novel pikiran dan perasaan kita menjadi lebih tenang. Tetapi, sebagian orang menganggap membaca merupakan kegiatan yang sangat membosankan. Namun pemikiran seperti itu harus dihilangkan, karena membaca itu memiliki banyak manfaat. Kalian tau nggak sih apa manfaat lainnya dari membaca? Berikut adalah manfaat dari membaca buku yaitu :

  1. Dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk memahami berbagai konsep dengan mudah.
  2. Dapat meningkatkan kemampuan komunikasi seseorang.
  3. Dapat mengembangkan kreativitas.

Itulah beberapa manfaat dari membaca buku. Sekian dulu artikel kali ini. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan semoga dengan membaca artikel ini Sobat Pio bisa lebih meningkatkan minat membaca. Yuk budayakan membaca buku karena buku adalah jendela dunia! (RED_NLS)

Sumber : https://tirto.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *