Hai Sobat Pio! Pada tanggal 15–16 Desember 2020 SMKN 2 Kediri mengadakan kegiatan Donor Darah  yang kedua kalinya pada saat masa pandemi. Pendonor darah pada bulan ini mengalami penurunan, dikarenakan dari PMR Wira ada event lain yang bersamaan dengan kegiatan ini, juga bertambahnya angka positif Covid-19 sehingga menyebabkan para pendonor berkurang.

Di masa pandemi seperti ini tentunya masyarakat  juga takut untuk melakukan donor darah dan tak sedikit orang yang mengatakan “musim corona kok donor darah”. Sobat Pio tidak perlu takut untuk mendonor darah di masa pandemi, karena dari PMR Wira SMKN 2 Kediri sudah menerapkan protokol kesehatan seperti cek suhu, memakai hand-sanitizer dan melakukan social distancing. PMR Wira berupaya untuk menarik minat masyarakat supaya mendonorkan darahnya, yaitu dengan membuat pamflet semenarik mungkin yang kemudian disebarluaskan melalui media sosial yang ada. Dengan cara ini, banyak masyarakat maupun para remaja yang mengikuti kegiatan donor darah dan didukung dengan protokol kesehatan yang sudah diterapkan.

Tahapan donor darah yang pertama yaitu calon pendonor melalukan check in, kemudian mengisi kuisioner dari PMI di ruang tunggu, selanjutnya calon pendonor masuk ke dalam UKS secara bergantian, sebelum diambil sampel darah calon pendonor akan di cek terlebih dahulu jenis golongan darahnya. PMI akan memberi keputusan bahwa darah itu akan diterima atau ditolak, darah akan ditolak apabila pendonor menderita anemia (kurang darah), berat badan kurang dari yang ditentukan, dan imunitas tubuh yang rendah, jika semua syarat–syarat telah terpenuhi PMI akan melakukan proses pengambilan darah.

“untuk pertama kali mungkin akan merasa takut, namun setelah menjalani proses donor darah tenyata rasanya tidak terlalu sakit seperti yang dikatakan oleh kebanyakan orang. Juga saya sangat terkesan karena baru pertama kali melakukan donor darah di SMK Negeri 2 Kediri, sudah sesuai dengan protokol kesehatan dan tempatnya bersih, higienis, dan nyaman,” ujar Kak Mahardika Bayu peserta pendonor darah. Harapan dari PMR Wira serta PMI tetap bisa melaksanakan setiap 3 bulan sekali, juga kedepannya banyak warga sekolah yang berperan aktif, serta ikut menggalakkan kegiatan ini. Jadi, Sobat Pio jangan takut untuk donor darah dimasa pandemi karena satu tetes darah dari kita sangat membantu ribuan orang yang membutuhkan darah. (RED_NNU&NMH)

Narasumber : Kanza May’ing Wulan Riani (XI-OTKP 2)

Mahardika Bayu  (Peserta Pendonor Darah)

Ika Muji Wahyuni (Pembina PMR Wira)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *