Menimba ilmu memang tidak mengenal batas usia. Meski umur sudah tidak lagi muda, mengejar pendidikan tetap penting dilakukan. Baik untuk meningkatkan status kepegawaian atau menggali lebih banyak pengetahuan, jadi tak perlu ragu untuk kembali ke bangku kuliah. Namun untuk sebagian orang, langkah ini memang tidak mudah. Mereka harus memikirkan cara demi menyeimbangkan keluarga dan pekerjaan agar tidak terlantar.
Tempat pendidikan saat ini, sudah banyak yang tidak memberi batasan usia dalam menerima calon mahasiswanya. Sehingga, ada orang yang memiliki keinginan kuliah dan ingin melanjutkan meski usia mereka sudah diatas 30 tahun atau 40 tahun. Pendidikan dirasa perlu terutama untuk setingkat S1 atau S2, hal ini untuk menunjang prestise atau bisa juga untuk menunjang karir.
Selain itu, pergaulan dengan rekan kuliah yang tidak sebaya juga akan menambah wawasan yang sudah ada. Disamping itu, bisa sharing atau berbagi pengalaman dengan mereka dalam menghadapi persoalan hidup.
Ada peribahasa yang mengatakan “Tuntutlah ilmu dari ayunan sampai ke liang lahat” yang artinya adalah “Jangan pernah berhenti menuntut ilmu sampai akhir hayat”. Jadi, tidak ada salahnya jika kita memiliki peluang dan kemampuan melanjutkan kuliah. Selebihnya, kita yang masih muda lebih baik jika melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Banyak sekali di zaman sekarang ini perempuan yang telah berpendidikan, karena memang peran dari pendidikan itu sendiri sangat penting. (RED_HDF)
Sumber: https://www-kompasiana-com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *