Hai sobat pio, siapa sih yang tidak tahu Baharuddin Jusuf Habibie atau akrab disebut dengan nama BJ Habibie? pasti namanya tidak asing lagi bagi warga Negara Indonesia. Beliau adalah presiden ke-3 Negara Indonesia, BJ Habibie juga terkenal dengan julukan Bapak Teknologi Indonesia, karena beliau adalah salah satu ilmuwan terbaik yang dimiliki Negara Indonesia hingga karya-karyanya diakui di mata Internasional. Semasa hidupnya BJ Habibie memiliki segudang prestasi yang  juga mengharumkan dan membanggakan nama bangsa Indonesia. Pada tahun 1980 orang belum kenal apa itu ilmu, apa itu teknologi, Habibie mengenalkan konsep ilmu pengetahuan dan teknologi yang kemudian dikenal dengan istilah iptek.

BJ Habibie dikenal sebagai seorang genius dengan kemampuannya mendesain pesawat terbang setelah menuntut ilmu hingga ke Jerman. Dari penelusuran berbagai sumber, setidaknya ada tiga jenis pesawat yang diciptakan BJ Habibie, yakni jenis R80 yang dilengkapi dengan teknologi fly by wire dengan pemanfaatan sinyal elektronik dalam instruksi penerbangan. Selain itu, jenis N-250 yang merupakan pesawat penumpang sipil regional yang peluncuran perdananya sempat disiarkan langsung TVRI di depan Presiden RI H.M. Soeharto. Setelah itu, BJ Habibie juga ikut berperan dalam mendesain pesawat Hercules C-130 yang menjadi pesawat angkut militer, yang  sudah banyak digunakan di sejumlah negara. Dengan kemampuan tersebut, pria kelahiran Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 25 Juni 1936 dikenal sebagai sosok yang tenar dalam ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

BJ Habibie juga pernah menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi. Selain berkutat di dunia penerbangan, Habibie pernah terjun ke dunia politik dan menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi pada 1978-1998. Kemudian, pada 1998 beliau menempati posisi Wakil Presiden RI ke-7 mendampingi Presiden Soeharto. Dua bulan dilantik sebagai wakil presiden, Habibie juga sempat ditunjuk sebagai Presiden Indonesia ke-3 menggantikan Soeharto yang lengser. Namun sayangnya  BJ Habibie menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 83 tahun. BJ Habibie sangat berperan penting dalam memajukan perkembangan iptek di Negara Indonesia. Beliau juga menorehkan banyak prestasi yang hingga saat ini masih dikenang oleh warga Negara Indonesia.(RED_ERW)

Sumber : https://www.antaranews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *